Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang

  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aidil Syah Putra Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ros Rizki Yanti Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Mind Map terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif tipe Quasi-Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 50 siswa (25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas control). Instrumen dalam penelitian ini adalah test tulis. Semua data dihitung dengan menggunakan t-test formula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode pembelajaran Mind Map memberikan perbedaan efek yang signifikan terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang.
Keywords
strategi pembelajaran, mind map, keterampilan menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harmer, J. (2004). How to teach Writing. England: Pearson Education, Ltd.
Grossmann, D. (2009). Process Approach to writing. Diakses pada 10 Agustus 2018 dari halaman https://www.birmingham.ac.uk/Documents/college-artslaw/cels/essays/languageteaching/ProcessApproachtoWriting.pdf
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Rinnert, C. & Kobayashi, H. (2009). Situated Writing Practice in Foreign Language Setting: The Role .of Previous Experience and Instruction dalam R.M Manchon (Ed.), Writing in Foreign Language Context Learning, Teaching, and Research. Bristol: Multilingual Matters.
Ratminingsih, N.M. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Press.
Steele, V. (2005). Using Mind Map to develop Writing. Diakses pada 10 Agustus 2018 dari halaman https://www.teachingenglish.org.uk/article/using-mind-maps-develop-writing
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, K. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyanto, K. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Published
2019-01-01
How to Cite
ROSNANINGSIH, Asih; PUTRA, Aidil Syah; YANTI, Ros Rizki. Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 108-118, jan. 2019. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12452>. Date accessed: 22 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12452.