PENGARUH PEMBELAJARAN LOKOMOTOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK PADA ANAK KELAS I TUNAGRAITA (C1) SLB PUTERA ASIH KOTA KEDIRI

  • Ruruh Andayani Bekti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wasis Himawanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 2763 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 311

Abstract

 

Pendidikan jasmani yang diberikan pada anak-anak tunagraita masih banyak memerlukan perhatian khusus mengingat meraka mempunyai keterbatasan gangguan dan kekurangan dalam bidang motorik, kecerdasan di bawah rata-rata, gangguan emosi, adaptasi sosial kurang baik, dan kesegaran jasmani kurang baik sehingga kelincahannya juga kurang baik, seharusnya banyak diberikan pembelajaran gerak. Garak dasar yang diberikan pada siswa tunagraita tidak mudah seperti yang dilakukan pada anak-anak normal karena dengan keterbatasan yang dimiliki diharapkan meraka dapat melatih gerak motoriknya, pemilihan pembelajaran lokomotor ini ditekankan pada gerak dasar memindahkan badannya mengingat subjek dalam penelitian ini adalah anak tugraita sedang (C1) kelas I yang masih mempunyai keterbatasan dalam menirukan gerakan.

Penelitian ini dilatarbelakangi atas pengamatan peneliti di sekolah luar biasa dan memperhatikan kurikulum kelas I anak tunagraita sedang (C1) yang memiliki ciri penekanan pada keterampilan gerak dasar. Gerak dasar yang harus diberikan diantaranya gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, mengingat dalam penelitian ini adalah anak kelas I yang masih perlu bantuan untuk melakukan gerakan, maka peneliti memilih gerak lokomotor yang bisa disebutkan seperti gerakan berjalan, berlari, dan melompat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana dinamika perkembangan gerak motorik pada anak tunagrahita sedang (C1) kelas I SLB Putera Asih Kota Kediri selama diberikan pembelajaran lokomotor?; 2) bagaimana pengaruh pembelajaran lokomotor terhadap kemampuan motorik anak tunagrahita kelas I (C1) SLB Putera Asih Kota Kediri?. Lokasi penelitian ini adalah di SLB Putera Asih Kota Kediri dengan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan model campuran.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa dalam dinamika perkembangan gerak dasar siswa kelas I/C1 SLB Putra Asik Kota Kediri tergambar bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, kemampuan penyerapan informasi lambat. Dalam berkomunikasi mereka kurang lancar dan mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar. Dalam hal ini faktor inteligensi, kondisi fisik, adaptasi sosial anak, gangguan emosi dan lingkungan sangat berpengaruh. Tidak mudah memberikan keterampilan motorik jika pengajar tidak berlatar belakang pendidikan jasmani.Penelitian Pengaruh Pembelajaran Pengaruh Pembelajaran Lokomotor Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Kelas I Tunagraita (C1) SLB Putera Asih Kota Kediri memberikan pengaruh terhadap perkembangan motorik anak tunagrahita. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan motorik anak Tunagrahita selama melaksanakan pembelajaran gerak dasar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Bogdan, R.C. & Biklen. 1998.Qualitative Research for Education an Introduction to theory and Methods.Boston: Allyn and Bacon, Inc.Bucher, C.A. 1983. Administrationof Physical Education and Athletic Programs.St Louis: The CV. MosbyCompany.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994.Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, Mata PelajaranPendidikan Jasmani dan Kesehan, Sekolah Dasar Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.Delphie, Bandi. 2009a.Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman:PT Intan Sejati Klaten.Delphie, Bandi. 2009b.Bimbingan Perilaku Adaptif. Sleman: PT Intan Sejati Klaten.Delphie, Bandi. 2009c.Hendaya Perkembangan Fungsional (Penyebab dan Karakteristik Anak). Sleman: PTIntan Sejati Klaten.Delphie, Bandi. 2009d.Penerapan Aplikasi Permainan. Sleman: PT Intan Sejati Klaten.Harsono. 1988.Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Proyek PengembanganLembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan dan Kebudayaan.Kemis & Rosnawati, A.Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagraita. Jakarta : Luxima Metro Media.Kirkendal, Don, R. 1980. Measurement And Evaluation for Physical Educators.Maksum, Ali. 2009.Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa: Surabaya.Maksum, Ali. 2012.Metodologi Penelitian Dalam Olahraga.Surabaya: Unesa University Press.Manca, W. 2003.Etnografi Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan.Malang: Wineka Media.Meimulyani, Y. & Tiswara, A. 2013.Pendidikan Jamani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta :Luxima Metro Media.Moleong, Lexi, J. 2007.Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Nasution, S. 1988. Metodoe Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.Saputra, Yudha M. 2005.Perkembangan Gerak. Jakarta: Depdiknas.Sherrill, C. 1981.Adapted Physical Education and Recreation.Dubuque, Lowa: WM. C. Brown CompanyPublisher.Somantri, S.H.T. 1996. Psikologi Anak Luar Bisa.Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru, Direktorat JendralPendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Winnick, J.P. (1995).Adapted Physical Education and Sport. USA: Human Kinetics.Zainuddin, M. 1998.Metodologi Penelitian.Pascasarjana Unair: Surabaya

PlumX Metrics

Published
2015-04-10
How to Cite
Bekti, R. A., & Himawanto, W. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN LOKOMOTOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK PADA ANAK KELAS I TUNAGRAITA (C1) SLB PUTERA ASIH KOTA KEDIRI. Efektor, 2(2). https://doi.org/10.29407/e.v2i2.84