Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Suwito Suwito SD Negeri 2 Sengonwetan

Abstract

 
Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Siklus ini dilakukan di SD Negeri 2 Sengonwetan. Peningkatan  Aktivitas dan Hasil Belajar PKN melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) pada Siswa Kelas  V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2017. Subjek perbaikan di sekolah ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Sengonwetan Kecamatan  dengan jumlah 25 siswa. Tindakan diadakan sebanyak 2 kali. Masing – masing  terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN  dengan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal  itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan kondisi awal 48%, meningkat menjadi 72% pada Siklus I. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 96% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Aktivitas siswa pada Siklus  ini mengalami peningkatan. Pada Siklus I  data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor 13 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan skor aktivitas siswa  sudah memenuhi indikator keberhasilan kategori baik ( 11-15). Dari hasil Siklus di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 secara signifikan.

References

Al, D. M., Banjarmasin, H., Triyono, S., Brigjen, J., Hasan, H., & Banjarmasin, B. (2017). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Islamic Studies, 1(1).
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia, (1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Depdiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1–33.
Hamdu, G. (2011). pengaruh belajar siswa terhadap prestasi. Penelitian Pendidikan, 12(1), 6.
Permana, E. P. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58.
Uno, H. H. B. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1
Published
2018-07-04
How to Cite
SUWITO, Suwito. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Efektor, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 110-106, july 2018. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/12174>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12174.