Abstrak
Perubahan proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 menyebabkan menurunnya konsentrasi pembelajaran pada anak yang dibawa ke pembelajaran luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan sensorimotor dalam meningkatkan konsentrasi dan kebugaran jasmani anak usia 7 – 12 tahun. Metode penelitian adalah rancangan eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol pre dan post-test acak dengan 42 sampel yang dibagi menjadi 2 kelompok: kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Permainan sensorimotor diberikan menggunakan jalur sensorik untuk 5 pengulangan di setiap sesi dengan 12 pertemuan. Alat ukur dalam penelitian ini adalah tes simbol digit untuk mengukur tingkat konsentrasi dan 5 alat ukur untuk mengukur kebugaran jasmani. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan pada 1 kelompok data dan uji-t independen untuk membandingkan data antar kelompok. Berdasarkan hasil uji-t independen antara kelompok perlakuan dan kontrol setelah diberi permainan sensorimotor, nilai konsentrasinya adalah p=0,001, koordinasi p=0,001, keseimbangan p=0,000, fleksibilitas p=0,453, agility p=0,228, kecepatan p=0,873. Permainan sensorik-motorik meningkatkan konsentrasi, koordinasi, dan keseimbangan pada anak usia 7-12 tahun di Denpasar. Permainan sensorimotor menggunakan jalur sensorik dapat diterapkan pada anak-anak yang mengalami penurunan konsentrasi dalam belajar dan merupakan alternatif dari latihan fisik untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.
Referensi
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Ambara, A. (2017). Hubungan Kondisi Fisik terhadap Prestasi Atlet Wushu Sanda di Sasana Kim Tiauw Surabaya [Universitas Negeri Surabaya]. https://media.neliti.com/media/publications/247385-none-6b6cad95.pdf
Arif, A. C., Maksum, A., & Kristiyandaru, A. (2021). The Effect of Daily Physical Activity on Increasing Physical Fitness and Academic Achievement of Elementary School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(2), 964–974. https://doi.org/10.33258/birle.v4i2.2082
Assjari, M., & Sopariah, E. (2011). Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autistic Spectrum Disorder. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 225–243.
Baedowi, A. (2015). Potret Pendidikan Kita. Alvabet.
Ersanto, M., & Wibowo, S. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 1 Babat pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 39–44.
Irfan, M., & Susanti, J. (2015). Pengaruh Penerapan Motor Relearning Programme (MRP) Terhadap Peningkatan Keseimbangan Berdiri pada Pasien Stroke Hemiplegi. Jurnal Fisioterapi Indonusa, 8(2), 109–126.
Kisner, C., & Colby, L. (2012). Therapeutic Exercise: Foundations and Techniques. F.A. Davis Company.
Lundy-Ekman, L. (2018). Neuroscience : fundamentals for rehabilitation (5th ed.). Elsevier.
Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar saat Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456.
Mahajaya, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Konsentrasi Belajar dari Rumah pada Anak Usia 9-12 Tahun di Masa Pandemi Covid-19 [Universitas Hasanuddin]. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6772/2/C051171516_skripsi%201-2.pdf
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Martika, T., & Subagya. (2014). Pengaruh Latihan Sensorimotor terhadap Kemampuan Menulis Anak Tunagrahita Ringan Kelas Iii Semester Genap di SLB C-G YPPCG Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Jurnal Rehabilitasi Dan Remediasi, 23(1), 29–38.
Pasaremi. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak dengan Bermain Sensori Motor di Kelompok B2 RA Ummatan Wahidah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.
Puspita Krishna, L. F. (2022). Gambaran Kejenuhan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(1), 7–18. https://doi.org/10.33366/nn.v6i1.2448
Putri, V., Sofia, A., & Utaminingsih, D. (2017). Bermain Sensorimotor Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Rahmawati, D. (2014). Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat Dari Kebiasaan Makan Pagi. Early Childhood Education Papers (BELIA), 3(1), 30–37.
Reski, N. (2021). Pengaruh Kejenuhan Belajar terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunung Toar Taluk Kuantan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32–40. https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11
Rohmah, F., Mukhoiyaroh, & Farisia, H. (2021). Melatih Konsentrasi Melalui Permainan Sensorimotor pada Anak Kelompok A dalam PembelajaranMasa Kenormalan Baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 95–106.
Rozi, F., Safitri, S. R., & Syukriadi, A. (2021). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani IAIN Salatiga. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i1.121
Rusip, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olah Raga di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Implementa Husada, 1(2), 152. https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.5035
Saputri, M. (2018). Pengaruh Pemberian Static Core Exercise Terhadap Perubahan Keseimbangan Dinamis Pada Pemain Futsal Ekstrakurikuler Futsal Sma Negeri 2 Jeneponto. Universitas Hasanuddin.
Setiani, A. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karangcegak, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Setiyorini, E. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Ners STIKes Patria Husada Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(3), 247–252. https://doi.org/10.26699/jnk.v3i3.ART.p247-252
Sukma, S. (2021). Pengukuran Kebugaran Fisik pada Anak [UMS]. http://eprints.ums.ac.id/89963/3/Naskah2.pdf
Syahruddin, S., Saleh, M., & Rizal, A. (2017). Peningkatan Koordinasi Mata Tangan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Bermain Bagi Anak Tuna Grahita. Seminar Nasional LP2M UNM, 116–119.
Winata, I. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24.
World Health Organization. (2018). Global Action Plan on Physical Activity 2018 - 2030 More Active People for A Healthier World. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/272722/9789241514187-eng.pdf
##submission.copyrightStatement##