Studi Deskriptif Linimasa Prestasi Atlet Bolavoli Universitas Negeri Malang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang karir prestasi mahasiswa-atlet bola voli dari Universitas Negeri Malang berdasarkan kronologis prestasi dalam kejuaraan bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian visual (VRM), dimana data diolah menjadi bentuk visual, yaitu grafik timeline pencapaian. Pesertanya adalah atlet bola voli putra dan putri dari Universitas Negeri Malang angkatan 2018-2020 dari berbagai fakultas dengan status mahasiswa aktif. Data prestasi dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diberikan kepada atlet secara digital melalui Google Formulir, kemudian jawaban mereka divisualisasikan dalam grafik timeline. Grafik garis waktu menunjukkan catatan prestasi atlet secara kronologis dari sekolah menengah (atau setara) hingga perguruan tinggi. Grafik dihasilkan dan kemudian dianalisis menggunakan analisis konten kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tiga pola dalam timeline prestasi atlet: 1) pola progresif/meningkat, 2) pola turun, dan 3) pola stagnasi. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) bermanfaat untuk memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan prestasi atlet, 2) sebagai pengingat bagi atlet untuk terus melacak prestasi mereka dan mengembangkan strategi untuk memperbaikinya; 3) sebagai masukan bagi pelatih untuk mengembangkan program pelatihan ke depan untuk meningkatkan prestasi siswa-atlet.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i3.18813
PDF (English)
Similarity Check (English)

Referensi

Andara, M. S., Ratimiasih, Y., & Hudah, M. (2021). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Bola Voli Di Klub Bina Taruna Kota Semarang Tahun 2021. Journal Sports Teaching and Development, 2(1), 8–13.

Cosh, S., & Tully, P. J. (2014). “All I have to do is pass”: A discursive analysis of student athletes’ talk about prioritising sport to the detriment of education to overcome stressors encountered in combining elite sport and tertiary education. Psychology of Sport and Exercise, 15(2), 180–189. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2013.10.015

Esser, B. R. N. (2019). Pencapaian Prestasi Olahraga Bola Voli Melalui Pembinaan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 169–174. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.926

FIVB. (2022). FIVB World Rankings. https://www.fivb.com/en/volleyball/rankings

McElveen, M., & Ibele, K. (2019). Retention and Academic Success of First-Year Student-Athletes and Intramural Sports Participants. Recreational Sports Journal, 43(1), 5–11. https://doi.org/10.1177/1558866119840466

Rahayuni, K. (2021). Reflections on Conducting Photographic Elicitation Interview in Sport Psychology Research in Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2). 4(1), 103–110.

Rose, G. (2014). On the relation between ‘visual research methods’ and contemporary visual culture. Sociological Review, 62(1), 24–46. https://doi.org/10.1111/1467-954X.12109

Sheridan, J., Chamberlain, K., & Dupuis, A. (2011). Timelining: Visualizing experience. Qualitative Research, 11(5), 552–569. https://doi.org/10.1177/1468794111413235

Sparkes, A., & Smith, B. (2014). Qualitative research methods in sport,exercise and health. Routledge, 1–279.

Stambulova, N., Alfermann, D., Statler, T., & Côté, J. (2009). ISSP Position stand: Career development and transitions of athletes. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 7(4), 395–412. https://doi.org/10.1080/1612197X.2009.9671916

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Wylleman, P., & Lavallee, D. (2004). A developmental perspective on transitions faced by athletes. Developmental Sport and Exercise …, 507–527.

Wylleman, P., & Rosier, N. (2016). Holistic Perspective on the Development of Elite Athletes. In Sport and Exercise Psychology Research: From Theory to Practice. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803634-1.00013-3

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##