Main Article Content

Abstract

Nilai moral siswa di SDN 3 Padangan  Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung sangat rendah. Siswa di SDN 3 Padangan  Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung banyak yang tidak sopan terhadap guru maupun kepada temen sekelasnya. Siswa disana banyak yang belum paham terhadap nilai-nilai moral dalam bacaan buku teks Bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan teknik penyampaian nilai-nilai moral dalam bacaan buku teks bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa korpus data serta lembar wawancara tak terstruktur dan dokumentasi untuk memperkuat data yang peneliti peroleh. Hasil analisis data yang diperoleh nilai moral dalam bacaan buku teks Bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD terdapat Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu rajin, rasa ingin tahu, disiplin, janji, dan pemberani. Nilai moral hubungan manusia dengan sesama yaitu nilai moral suka menolong, peduli,tanggung jawab, saling membantu, bekerjasama. Nilai moral hubungan manusia dengan tuhan yaitu bersyukur, dan nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan alam yaitu peduli lingkungan. Teknik penyampaian nilai moral secara langsung 22 kutipan dan teknik penyampaian nilai moral tidak langsung 4 kutipan.

Keywords

Nilai-nilai moral buku teks dan bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Anggraini, N., & Janattaka, N. (2020). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Bacaan Buku Teks Bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” Kelas III SDN 3 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(2), 187-201. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13346

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitiansuatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Citra.
  2. Alimin. (2018). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat, vol. 7 No 1, 143–158.
  3. Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitaif dan Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  4. Muhchon, & dkk. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  5. Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University press.
  6. Zuriah, N. (2015). pendidikan moral & budi pekerti dalam persepektif global. jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Purnami. (2016). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015. Vol. 5. No. 14
  8. Faqih. (2019). Moralitas Teks Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Vii SMP, vol. 3(1), 24–40.