Main Article Content

Abstract

 


Kemampuan menulis aksara Jawa bagi mahasiswa PGSD merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai. Mengingat, aksara Jawa merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa Jawa yang wajib diajarkan di sekolah dasar. Penulisan aksara Jawa tersebut, masih menghadapi kendala yakni masih banyak ditemukan mahasiswa yang mengalami kesalahan penulisan aksara Jawa. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penulisan aksara Jawa mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri angkatan 2014. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu persentase dan deskriptif analitik. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga bentuk, yakni: 1) bentuk kesalahan penulisan aksara lêgêna sebanyak 12 kasus atau 9,5%; 2) bentuk kesalahan penulisan aksara sandhangan sebanyak 80 kasus atau 67,5%; 3) bentuk kesalahan penulisan pasangani sebanyak 28 kasus atau 23%.

Keywords

Aksara Jawa PGSD

Article Details

How to Cite
Damariswara, R., & Wiguna, F. A. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Aksara Jawa dalam Mata Kuliah Bahasa Daerah (Studi pada Mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri Angkatan 2014). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(1), 53-66. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12201

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Darusuprapta, dkk. 2002. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama
  3. Moleong, Lexy. 2005. Meotodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Padmosoekotjo, S. 1992. Wewaton Panulise Basa Jawa Nganggo Aksara Jawa. Surabaya: PT Citra Jaya Murti.
  5. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  6. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Most read articles by the same author(s)