Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Berbasis Java

Main Article Content

alfiyah mulyoningtyas diema hernyka satyareni M. Masrur

Abstract

Abstrak—Pendidikan merupakan kebutuhan penting untuk seseorang dalam menata masa depan. Dalam hal ini, instansi pendidikan berupaya meningkatkan kualitas siswa dengan meningkatkan prestasi siswa. Setiap siswa pasti memiliki prestasi yang berbeda- beda khususnya bidang akademik. Tidak semua siswa yang nilainya baik pasti berprestasi, untuk itu perlu penentuan siswa berprestasi supaya tepat sesuai kemampuan. SMK Negeri Kudu Jombang merupakan instansi pendidikan yang melakukan penentuan siswa berprestasi. Kriteria yang digunakan untuk menentukannya adalah nilai raport, kehadiran dan sikap. Dalam menentukannya SMK Negeri Kudu memerlukan waktu yang lama hampir 5 hari. Dalam hal seperti itu, maka SMK Negeri Kudu perlu adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan bahasa pemrograman Java. Dengan metode AHP diharapkan bisa membantu dalam menentukan siswa berprestasi. Dalam sistem ini, penentuan siswa berprestasi berdasarkan perankingan yang didapatkan dari perhitungan bobot kriteria dan bobot siswa tersebut. Hasil perankingan ini bisa digunakan guru dalam pengambilan keputusan, karena siswa yang nilainya tinggi maka bisa dikatakan sebagai siswa berprestasi   Kata Kunci—SPK, AHP, Siswa Berprestasi, Java, SMK Negeri Kudu Jombang.

Article Details

How to Cite
MULYONINGTYAS, alfiyah; SATYARENI, diema hernyka; MASRUR, M.. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Berbasis Java. NUSANTARA OF ENGINERING, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2016. ISSN 2355-6684. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/ti/article/view/243>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel