http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/feed JOURNAL OF SPORTIF 2017-11-03T13:59:29+00:00 Yulingga Nanda Hanief ynh90@unpkediri.ac.id Open Journal Systems <div>ISSN :&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;&amp;&amp;&amp;&amp;2548-7833">2477 - 3379 (Online)<br> </a>ISSN : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;&amp;&amp;&amp;&amp;2548-7833">2548 - 7833 (Print)</a></div> <div>Journal of SPORTIF&nbsp;published quarterly in&nbsp;<strong>May</strong>&nbsp;and <strong>November</strong> with the scopes of the research areas that can be published in the journal of SPORTIF&nbsp;are : Physical Education&nbsp;and Traditional Sport.</div> <div><a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/view/18">Volume 1 No. 1 Year 2015</a><br> <a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/view/23">Volume 2 No. 1 Year 2016</a><br> <a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/view/39">Volume 2 No. 2 Year 2016</a></div> <div><a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/view/45">Volume 3 No. 1 Year 2017</a></div> http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/681 Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri 2017-11-03T13:59:13+00:00 hendra mashuri hendramashuri@unpkediri.ac.id <p>Persepsi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani akan membantu tercapainya tujuan pendidikan jasmani. Persepsi memegang peranan penting terhadap minat dan motivasi siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Persepsi akan berpengaruh terhadap keaktifan siswa selama proses belajar mengajar di lapangan.</p> <p>Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmemperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswaterhadap pembelajaran guru&nbsp; pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri?</p> <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Kediri, sampel yang diambil berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 20 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran SMA Muhammadiyah Kediri mendapatkan skor 3115 atau rata-rata jawaban siswa 51,917 dengan persentase sebesar 74% dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani adalah baik.</p> 2017-05-15T16:41:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/682 Mixed Methods: Pengantar Dalam Penelitian Olahraga 2017-11-03T13:59:13+00:00 miftah fariz putra putra.uncen@gmail.com <p>Tujuan artikel ini adalah untuk mendiskusikan tentang mixed methods research (MMR) yang terbuka diaplikasikan dalam konteks olahraga. MMR dipahami sebagai pengabungan dua metode (kuantitatif dan kualitatif) dalam satu proses penelitian yang dilakukan secara berurutan atau bersamaan dengan tujuan untuk memahami lebih komprehensif serta mendalam tentang fenomena keolahragaan yang dikaji. Desain penelitian yang dikembangkan oleh Steckler et al., (1992), Tashakkori &amp; Teddlie (2010), Creswell (1999; 2010), Morse (2010) serta Creswell et al (2010) sangat terbuka untuk dapat diaplikasikan dalam konteks olahraga</p> 2017-05-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/615 Penerapan Latihan Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo 2017-11-03T13:59:13+00:00 Giyatno Giyatno giyatno77@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan latihan akselerasi dalam meningkatkan kecepatan lari 100 meter pada siswa kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Giriwoyo yang berjumlah 11 orang. Tindakan yang digunakan yaitu latihan akselerasi yaitu suatu bentuk latihan yang dimulai dari pelan, semakin cepat, dan lari secepatnya. Pelaksanaan tindakan dilakukan pada siklus I dan siklus II. Pada akhir tindakan siklus I baru 45,5% siswa yang memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik, sedangkan 54,5% sisanya belum memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu ditindaklunjuti untuk diberi tindakan pada siklus II. Selanjutnya pada akhir tindakan siklus II Sebesar 63,6% siswa sudah memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik sedangkan yang belum memiliki kecepatan lari 100meter yang baik hanya tinggal 36,4%. Sesuai dengan indikator keberhasilan maka dapat dikatakan hasil tindakan pada siklus II sudah dinyatakan berhasil, sehingga dapat disimpulkan bahwa Latihan Akselerasi Dapat Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo.</p> 2017-05-30T15:30:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/616 Gangguan Perilaku Makan dan Tingkat Kecukupan Energi Protein Terhadap Kebugaran Jasmani Pemain Sepak Bola IKOR FIK UNESA 2017-11-03T13:59:13+00:00 Lutfhi Abdil Khuddus lutfhiakhuddus@unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi makanan, status gizi, dan kebugaran jasmani tim sepak bola IKOR FIK Unesa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan teknik penentuan sampel secara <em>purposi</em><em>ve</em>. Pengumpulan data penelitian akan dilakukan dengan cara wawancara secara terstruktur dengan menggunakan metode <em>food frequency</em> dan <em>food recall</em>, pengukuran <em>antropometri</em>, sedangkan kebugaran jasmani dengan menggunakan tes MFT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi tim sepak bola IKOR FIK Unesa sebagian besar termasuk kategori normal (75%) dan tingkat kebugaran jasmani sebagian besar termasuk kategori rata-rata (35%) dan diatas rata-rata (35%).</p> 2017-05-30T16:27:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/580 Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras 2017-11-03T13:59:13+00:00 erik genius erikjenius@gmail.com <p>Karya tulis ini mengkaji ilmu secara teoritik dengan metode kepustakaan yang bertujuan memberikan wawasan tentang aktivitas permainan tradisional berbasis <em>neurosains learning </em>sebagai pendidikan karakter untuk anak tunalaras dengan gangguan perilaku, emosi, dan sosial. Kondisi fisiologis anak gangguan perilaku, emosi, dan sosial pada dasarnya memiliki disfungsi sistem syaraf pusat sehingga timbul respon psikologis berupa perilaku yang cenderung menyimpang seperti gangguan kepribadian dan interaksi sosial. Permainan tradisional berbasis neurosains learning mengembangkan unsur pembelajaran berbasis masalah, simulasi dan permainan peran, diskusi aktif, tampilan visual, iklim positif. Permainan tradisional sebagai salah satu bentuk terapeutik karena memuat nilai-nilai pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013 diantaranya karakter religious, nasionalis, integritas, mandiri, gotong royong. Permainan tradisional mengandung unsur aktivitas fisik, sehingga dimungkinkan berpengaruh terhadap sekresi <em>hormone</em> yang memicu perbaikan mood anak. Dampak dari hal tersebut, akan berpengaruh terhadap kondisi perilaku, emosi, dan sosial anak.Berkaitan dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas permainan tradisional berbasis <em>neurosains learning </em>dapat digunakan sebagai optimalisasi pendidikan karakter untuk anak dengan gangguan perilaku dan emosional.</p> 2017-05-30T17:34:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/735 Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri 2017-11-03T13:59:12+00:00 Andhega Wijaya andhegawijaya@unesa.ac.id <p>Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar <em>handspring </em>pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran <em>handspring </em>pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran <em>handspring </em>pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (<em>Classroom Action research</em>). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan <em>handspring</em> pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan <em>handspring</em>.</p> 2017-05-30T18:18:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/619 Diagnosis Kesulitan Komponen Utama Keterampilan Mengajar Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa STKIP Darussalam Cilacap 2017-11-03T13:59:29+00:00 Kusmiyati Kusmiyati kusmiyati@gmail.com <p>Tujuan penelitian untuk memetakan kesulitan dalam penguasaan komponen-komponen keterampilan mengajar pendidikan jasmani pada mahasiswa Prodi PJKR STKIP Darussalam Cilacap Tahun 2016, khususnya mengacu pada analisis persepsi dan tanggapan mahasiswa selama mengikuti matakuliah Strategi Pembelajaran Penjas. Metode penelitian yang ditempuh adalah metode deskriptif. Sesuatu yang dideskripsikan berkenaan dengan informasi faktual dan aktual tentang peta diagnosis kesulitan penguasaan komponen keterampilan mengajar pendidikan jasmani. Kesimpulan penelitian : (1) Penyusunan rencana pembelajaran, kecenderungan berimbang antara yang menganggap sebagai sesuatu yang sulit dan yang mudah. (2) 55,6 % responden menganggap menyusun rencana urutan pelaksanaan pembelajaran mudah dilakukan, (3) Dalam menyusun rencana evaluasi, 38,9 % responden menganggap keterampilan mengajar mudah dikuasai. 29,6 % responden berada pada posisi ragu-ragu dalam hal perencanaan evaluasi, (4) “Membuka dan menutup Pelajaran” mudah dikuasi berdasarkan tanggapan, (5) 75,9 % responden menganggap keterampilan “memimpin pemanasan” mudah dikuasai, (6) 79,6 % responden menganggap keterampilan memberi umpan balik sulit dikuasai, (7) 74,1 % responden menganggap memilih dan menetapkan metode/gaya mengajar sulit dikuasai, (8)&nbsp; 70,4 % responden menganggap keterampilan membuat variasi&nbsp; sulit dikuasai, (9) 72,2 % responden menganggap keterampilan melakukan evaluasi yang sesuai&nbsp;&nbsp; sulit dikuasai.</p> 2017-06-03T05:22:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/736 Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SMA Negeri 1 Lubuklinggau 2017-11-03T13:59:29+00:00 Azizil Fikri azil_azizil@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan kesegaran jasmani siswa melalui latihan sirkuit dalam pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yakni penelitian yang dilakukan guru untuk memperbaiki proses pembelajaran&nbsp; &nbsp;yang&nbsp;&nbsp; menjadi&nbsp; &nbsp;tanggungjawabnya dengan tujuan memperbaiki&nbsp;&nbsp; dan meningtkan mutu praktik pembelajaran. Subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa putri kelas X SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Pemilihan kelas berdasarkan nilai mata pelajaran Penjasorkes paling rendah. Pengumpulan data selama satu bulan. Pola pelaksanaan pemberian tindakan menggunakan model siklus. Siklus ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Instrumen penelitian adalah tes Harvard untuk kesegaran jasmani. Hasil penelitian perbandingan <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> siswa kelas X menunjukkan: 1) nilai tes kesegaran jasmani mencapai kategori baik 68,67% (21 siswa). Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesegaran jasmani melalui latihan sirkuit. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latihan sirkuit efektif meningkatkan kesegaran jasmani siswa.</p> 2017-06-06T13:28:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/745 Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa SMA Kota Kediri 2017-10-31T01:40:45+00:00 Setyo Harmono setyoharmono@gmail.com <p>Belajar adalah pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki pebelajar. Perilaku belajar yang tampak adalah unik sebab perilaku tersebut hanya terjadi pada orang tersebut dan tidak pada orang lain, sehingga setiap orang pada dasarnya memunculkan perilaku belajar yang berbeda. Pembelajaran merupakan sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik yang bersifat internal. Model pembelajaran memiliki peran strategis dalam proses pembelajaran. Quantum Teaching merupakan suatu proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan membuat proses tersebut menjadi lebih menyenangkan. Model pembelajaran langsung (<em>direct instruction</em>) adalah model pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dengan tujuan mempercepat peserta didik menguasai materi pembelajaran. Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang peserta didik dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecah-kan soal. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran.</p> 2017-06-11T11:26:49+00:00 ##submission.copyrightStatement##