Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa SMA Kota Kediri

  • Setyo Harmono
Keywords: Pembelajaran quantum, gaya belajar, keterampilan gerak, pendidikan jasmani

Abstract

Belajar adalah pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki pebelajar. Perilaku belajar yang tampak adalah unik sebab perilaku tersebut hanya terjadi pada orang tersebut dan tidak pada orang lain, sehingga setiap orang pada dasarnya memunculkan perilaku belajar yang berbeda. Pembelajaran merupakan sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik yang bersifat internal. Model pembelajaran memiliki peran strategis dalam proses pembelajaran. Quantum Teaching merupakan suatu proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan membuat proses tersebut menjadi lebih menyenangkan. Model pembelajaran langsung (direct instruction) adalah model pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dengan tujuan mempercepat peserta didik menguasai materi pembelajaran. Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang peserta didik dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecah-kan soal. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AECT, 1986. Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. Terjemahan Yusuf hadi Miarso, dkk. Jakarta: IPTPI dan LPTK.
Degeng, I Nyoman Sudana.1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
DePorter B. &Hernacki, M. 2007. Quantum Learning: Unleashing the Genius In You. Penerjemah Alwiyah Abdulrahman. Bandung: Kaifa.
DePorter, B., Reardon, M. & Singer-Nourie, S. 2000. Quantum Teaching Orcestrating Student Succes. Penerjemah Ari Nilandari. Bandung: Kaifa.
Gagne, R.M. & Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Knirk, F.G. & Gustafson, 1986. Instructional Technology, A Systematic Approach to Education. New York: Holt Rinehart and Winston.
Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Percival F. & Ellington, H. 1993. Teknologi Pendidikan. Penerjemah: Soedjarwo S. Jakarta: Erlangga.
Reigeluth, C.M. &Merill, M.D. 1982. Classes of Instructional Variables, Educational Technology, 19(3): 5-24.
Rose, C. & Nicholl, M. 2002. Accelerated Learning for the 21st Century. Penerjemah: Dedy Ahimsa, Bandung: Nuansa.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R.E. 2007. Educational Psychologi: Theory and Practice. Needham Heights, MA: Allyn and Bacon.
Uno, H.B. 2010.Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Aktif, Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2017-06-11
Section
Volume 3 No 1 May 2017