Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri

Main Article Content

Andhega Wijaya

Abstract

Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar handspring pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan handspring pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan handspring.

Article Details

How to Cite
WIJAYA, Andhega. Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri. JOURNAL OF SPORTIF, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-75, may 2017. ISSN 2477-3379. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/735>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Section
Volume 3 No 1 May 2017