Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri

Main Article Content

Andhega Wijaya

Abstract

Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar handspring pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan handspring pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan handspring.

Article Details

How to Cite
WIJAYA, Andhega. Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri. JURNAL SPORTIF, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-75, may 2017. ISSN 2477-3379. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/735>. Date accessed: 24 feb. 2018.
Section
Volume 3 No 1 May 2017

References

Abidin, Yunus. 2009. Guru dan Pembelajaran Bermain. Bandung : Rizky Press.
Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK.Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Azhar, Arsyad. 2007. Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bahagia, Yoyo dan Suherman, A. 1992/2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud.
Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.
Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mahendra, Agus. 2003. Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Depdiknas. Jakarta.
Mahendra, Agus. 2003. Pembelajaran Senam. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Margono, Agus. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.Algensindo.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyati & Margono, A. 2000. Teori dan Praktek Senam I. Surakarta: UNSPress.
Suyati R. dkk.1992. Materi Pokok Senam. Jakarata. Departemen Pendidikan dan kebudayan.
Syarifuddin, A. dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.Ditjen. Dikti.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.