Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani
PDF (Bahasa Indonesia)

PlumX Metrics

Keywords

Minat
Permainan
pemanasan
pembelajaran

How to Cite

Lusianti, S. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 32-40. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.573

Abstract

Penelitian pada permainan sebagai bentuk pemanasan, dengan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan, yang bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain penelitian Randomized control group Pretest-posttest. Dalam pembagian kelompok ada dua yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa permainan sedangkan kelompok kontrol tetap diberikan pemanasan biasa sebagai pembanding.

Analisis datanya dengan Uji T, yang menunjukkan ada hasil perbedaan antara perlakuan (kelompok eksperimen) dan tanpa perlakuan (kelompok kontrol). Hasil uji t paired t-test (uji beda sampel berpasangan) pada: (1) kelompok eksperimen t hitung 12,01 dan nilai t tabel 2,03 (2) kelompok kontrol t hitung 5,44 dan t tabel 2,03. Hasil dari uji t Independent sample t-test (uji beda sampel kelompok) yaitu t hitung 5,0355 dan t tabel 2,0.

Simpulan penelitian bahwa pemberian permainan sebagai bentuk pemanasan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.573
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis. (1979). Permainan dan metodik.Bandung : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneka Cipta.

Hadi, Furqon. (2007). Pengaruh pemberian permainan kecil di dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran bola basket. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : FIK UNESA.

Paul Uram. (1986). Latihan Peregangan. Terjemahan oleh Iskandar & Engkos Kosasih. Jakarta : AKADEMIKA PRESINDO.

Hurlock, Elizabeth.B. (1942) (edisi keenam). Perkembangan anak. Jakarta : Erlangga.

Hurlock, Elizabeth.B. (1997) (edisi keenam). Perkembangan anak. Jakarta : Erlangga.

Lutan, Rusli, Rusli Ibrahim, dkk. (2002). Supervisi Pendidikan jasmani : konsep dan praktik. Jakarta : Bagian proyek pembinaan kelas olahraga.

Maksum, Ali dkk. (2006). Metodologi Penelitian, Surabaya.

Maksum, Ali dkk. (2007). Statistik Dalam Olahraga, Surabaya.

Martini, (2005). Proedur dan Prinsip-prinsip Statistika. Surabaya : UNESA University Press.

Michael J. Alter, MS. Tanpa tahun. 300 teknik peregangan olahraga. Terjemahan oleh Jamal habib. 1996. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mustaqim dan Abdul wahib. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta.

Nurhasan, dkk. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya : UNESA University Press.

Soejanto, Agoes. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rieneka Cipta.

Soewondo, Soetinah. (1993). dasar-dasar Pendidikan. Semarang : Effhar Publishing.

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan jasmani. Bandung : Yayasan Nuansa Cendekia.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT remaja Rosdakarya.

Tedjasaputra, Mayke S. (2003). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta : PT.Grasindo.

Tim tujuh. (2006). Payung Penelitian pendidikan jasmani pendidikan ilmu keolahragaan UNESA, Surabaya.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2015 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.