Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu
PDF

PlumX Metrics

Keywords

Status gizi
prestasi belajar

How to Cite

Effendy, F. (2017). Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMKN 2 Indramayu. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 115-127. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11887

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui relasi antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK N 2 Indramayu. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analitik survei menggunakancrossectional approach. Teknik sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 102 peserta didik kelas X di SMK N2 Indramayu. Hasil riset menunjukkan tidak ada relasi yang kuat  antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik di kelas X SMK N 2 Indramayu. Dengan hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi (  dengan besaran 0,125 < r tabel (0,195).

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11887
PDF

References

Almatsier, S. (2001). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Berg A. 1986. Peranan Gizi dalam Pembangunan Nasional. Zahara DN, Penerjemah. Jakarta: CV Rajawali.

Hardinsyah. 2007. Inovasi Dan Pengembangan Modal Sosial Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Dan Pengentasan Kemiskinan. Orasi Ilmiah, Fakultas Ekologi Manusia: Institut Pertanian Bogor.

Jumirah, Lubis, Z., Aritonang, E. 2003. Kecukupan dan Status Gizi Siswa SMU Dharma Pancasila Medan serta Kaitannya Dengan Indeks Prestasi. Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat. FKM USU: Medan.

Siti, Maryam. 2001. Status Gizi, Peer Group, dan Aktivitas Harian serta Kaitannya dengan Prestasi Belajar Remaja (Studi Kasus Pada Dua SMA di kota Bogor). Tesis Pascasarjana yang tidak dipublikasi. IPB: Fateta IPB.

Soekirman.2002. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.