PENGGUNAAN MULTI METODE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SATUAN WAKTU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI KANDAT 1

  • NUNUK SRIGATI
Abstract views: 598 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 653

Abstract

ABSTRAK: Peranan matematika dalam perkembangan kognitif anak sangatlah penting, karena dapat memberikan pengaruh dan pengalaman, sehingga anak pemikirannya berkembang kearah berpikir logis. Pengajaran matematika juga berperan dalam afektif anak, yaitu dapat mengembangkan sikap ilmiah, sikap ingin tahu, kerja sama, tidak berprasangka, berpikir bebas, dan sikap mencintai lingkungan. Di samping berperan dalam kognitif dan afektif anak, pengajaran matematika berperan terhadap perkembangan psikomotorik (keterampilan anak).

Namun, kenyataan di lapangan metode ceramah masih mendominasi pembelajaran matematika. Akibatnya siswa memiliki banyak pengetahuan, tetapi tidak terlatih untuk menemukan pengetahuan. Kenyataan menunjukkan, bahwa nilai matematika kelas 1 pada umumnya rendah, ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

Dengan menggunakan multi metode, maka pembelajaran matematika dengan metode ceramah dapat diperkecil, sehingga siswa mempunyai minat untuk belajar matematika dan motivasi berprestasi meningkat. Dan apabila motivasi berprestasi meningkat, maka hasil belajar siswa meningkat pula. Hal ini terlihat dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan hasil belajar, yaitu 66,66%, 76,66%, dan 93,33%. Pada siklus III, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-16
How to Cite
SRIGATI, N. (2015). PENGGUNAAN MULTI METODE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SATUAN WAKTU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI KANDAT 1. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.162
Section
Artikel