PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI METODE BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VIII.D SEMESTER I SMP NEGERI 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • RUSMI HARTATIK
Abstract views: 110 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 89

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeksripsikan bagaimana penerapan metode belajar  Contextual Teaching and Learning (CTL) pada  siswa Kelas VIII D semester 1 SMP Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro? (2) Membuktikan apakah penerapan contextual teaching and learning sebagai metode belajar dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII.D semester I SMP Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015?.

Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis & Taggart (1982) dengan 4 tahapan pada setiap siklus. SMP Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D yang diajar dengan jumlah siswa sebanyak 32. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 dan waktunya kurang lebih selama 2 bulan yang mulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2014.

Dari hasil pelaksanaan siklus ternyata nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan metode contextual teaching and learning mengalami peningkatan yang cukup baik. Dimana pada siklus pertama rata – rata hasil belajar siswa 68,21 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,77. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan contextual teaching and learning sebagai metode belajar dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII.D semester I SMP Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-16
How to Cite
HARTATIK, R. (2015). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI METODE BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VIII.D SEMESTER I SMP NEGERI 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.155
Section
Artikel