Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal PINUS diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nusantara PGRI Kediri dan media bagi peneliti dan dosen yang akan mempublikasikan hasil penelitian mereka. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah hasil penelitian di Indonesia dan berpartisipasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian bagi akademisi dan peneliti. Jurnal PINUS diterbitkan dua kali setahun dengan cakupan wilayah penelitian pendidikan.

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:

Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini
Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.

Proses Review

Setiap artikel yang masuk ke editor akan dipilih terlebih dahulu pada lingkup dan kelayakan oleh redaksi. Kemudian, artikel akan dikirim ke "Mitra Bestari" / peer reviewer dan akan mengikuti seleksi berikutnya oleh Blind Peer-Review Process. Peninjau tidak menyadari identitas penulis, dan penulis juga tidak menyadari identitas pengulas. Setiap makalah yang dikirim akan ditinjau oleh setidaknya dua pengulas sejawat. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses pengkajian akan mempertimbangkan hal baru, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan rujukan.

Biaya Pemrosesan Pasal

Setiap artikel yang dikirim ke Jurnal PINUS berbayar. Penulis harus membayar Rp 300.000. Ini mencakup pengiriman, peninjauan kembali, pengeditan, penerbitan, pemeliharaan dan pengarsipan, dan memungkinkan akses langsung ke teks versi lengkap dari artikel. Penulis akan menerima satu hardcopy jurnal dan dua salinan cetak.

Manajemen Referensi

Setiap artikel yang diserahkan ke Jurnal PINUS harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi mis. EndNoteĀ® atau Mendeley.