Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang berdasarkan beban kerja sesuai dengan peraturan pemerintah. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIPP Model (Context, Input, Process, Product). Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) context evaluation menyatakan bahwa kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang dapat lebih fokus pada tugas manajerialnya sebagai kepala sekolah setelah terbitnya PP No 19 Tahun 2017 ini, sehingga PP Nomor 19 Tahun 2017 ini dinilai responsible terhadap kebutuhan sekolah dasar di Kecamatan Air Kumbang, 2) input evaluation menyatakan bahwa kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang sudah baik walaupun sebagian besar SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang masih belum memiliki sumber daya yang memadai. 3) Process evaluation menyatakan bahwa kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang dapat mengimlementasikan dengan baik PP Nomor 19 Tahun 2017 ini 4) Product evaluation menyatakan bahwa terdapat hasil kinerja Kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang yaitu terjadinya peningkatan akreditasi beberapa SD Negeri di Kecamatan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja kepala SD Negeri di Kecamatan Air Kumbang mengalami peningkatan setelah terbitnya PP Nomor 19 Tahun 2017 ini.

Keywords

Beban Kerja Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Peraturan Pemerintah Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Liskayani, L., Kristiawan, M., & Tobari, T. (2019). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Air Kumbang Berdasarkan Beban Kerja Sesuai dengan Peraturan Pemerintah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 171-190. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13261

References

  1. Akbar, R, A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini HolistikIntegratif di Satuan PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol 4, No 2: 136-164.
  2. Aghniya, H. (2017). Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XXIV No.1 April 2017.
  3. Aprilianti. (2016). Evaluasi Kinerja Dua Kepala SD Negeri di Kecamatan Bringin Tahun 2015. Tesis Universitas Kristen Satya Wacana.
  4. Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah Vol 5 No.2 : 1-13.
  5. Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Valia Pustaka.
  6. Kristiawan, M., & Elnanda, D. (2017). The Implementation of Authentic Assessment in Cultural History of Islamic Subject. Al-Ta lim Journal, 24(3), 266-276.
  7. Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., & Ribuwati, A. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.
  8. Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., & Fitria, H. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  9. Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1986). Qualitative Data Analysis: a Sourcebook of New Methods. California: SAGE Publication Inc.
  10. Muzakar. (2014). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 14. No. 1, Agustus 2014, 110-133.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah
  12. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang guru.
  13. Stufflebeam, D,L. (1985). Educational Evaluation and Decising Making, Illionis: Hasca Illionis Pecocok Publicers Inc.
  14. Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala sekolah:Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
  15. Yetri. (2014). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandar Lampung.Jurnal Lentera Pendidikan, vol 18 No.1 Juni 2015: 95-106.
  16. Yusuf, Munawir. (2012). Kinerja Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 4, Desember 2012.