Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) mendeskripsikan bagaimana pengembangan produk media “Comic Life” untuk gerakan literasi siswa kelas III di sekolah dasar dan 2) mendeskripsikan respon pengguna terhadap pengembangan produk media “Comic Life” untuk gerakan literasi siswa kelas III di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media sudah memenuhi kelayakan dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, dengan demikian media sudah dapat digunakan untuk kegiatan literasi di sekolah. Hal tersebut didukung dengan perolehan presentase dari ahli media sebesar 90,6% dengan kategori sangat baik, perolehan presentase dari ahli literasi sebesar 92% dengan kategori sangat baik; 2) untuk hasil respon dari angket kemenarikan siswa kelompok kecil menghasilkan presentase 93,3% dengan kategori sangat baik dan hasil respon dari angket kemenarikan siswa kelompok besar sebesar 95,1% dengan kategori sangat baik.

Keywords

membaca literasi komik

Article Details

How to Cite
Restian, A., & Sari, E. K. (2019). Pengembangan Media “Comic Life” untuk Gerakan Literasi Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 159-171. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13187

References

  1. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Haryono, Ari Dwi. 2015. Metode Praktis Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media & Pustaka Inspiratif.
  3. Maharsi, Indiria. 2011. Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
  5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
  6. Saputro, Hengkang Bara., Soeharto. 2015. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik – Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasi, 3 (1): 61-72.
  7. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta