Main Article Content

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Gedongombo III diperoleh data bahwa dari 27 siswa, yang mencapai ketuntasan belajar pada materi struktur bumi dan matahari ada 17 siswa. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan media yang kurang tepat ketika pembelajaran berlangsung.  Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat merangsang siswa untuk bersemangat dalam belajar, sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas media papercraft struktur bumi dan matahari terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gedongombo III Semanding Tuban.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Gedongombo III yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa kelas V materi struktur bumi dan matahari. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa SD sebelum dan sesudah menggunakan media papercraft struktur bumi dan matahari  dengan nilai t = -9,144 dan p = 0,000. Rata-rata hasil belajar siswa SD setelah menggunakan media papercraft struktur bumi dan matahari lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media papercraft struktur bumi dan matahari. Penelitian ini juga membuktikan bahwa media papercraft struktur bumi dan matahari memiliki tingkat keefektifan sedang untuk siswa kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban

Keywords

Efektivitas Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 133-141. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084

References

  1. Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  3. Husein Umar. 2015. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
  4. Kung, Hans. 1998. The Complete book Of Papercraft. London: Hermes House.
  5. Sulianta, Feri & Ongkowijoyo, Samuel. 2015. Yuk Rakit & Jualan Paper Craft Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  6. Sulianta, Feri & Variant, Johan. 2010. Papercraft - Dari Design Kreatif Hingga Bisnis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  7. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.