Pengembangan Assesment Pembelajaran pada Nilai Karakter untuk Menghadapi Era Sustainable Development Goals

  • Kardiana Metha Rozhana Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Nila Kartika Sari

Abstract


Abstract : The purpose of research and development is to produce learning assessment products based on character values ​​that have validity, applicability, and legibility. Research and development methods use the O'Malley & Pierce model which is devoted to developing learning assessments, namely: building a team, setting goals, setting results targets, conducting staff development, collecting assessment examples, adjusting existing assessments or developing new, assessment trials. and review assessment. The results of the character aspect validation showed that the criteria were very valid and could be used without revision (93%), the results of the language aspect validation showed very valid criteria and could be used without revision (93.8%). The results of the applicability test showed very good can be used without revision (88.2%). Whereas the legibility test shows very interesting criteria (97.2%) according to the conversion of the validity level, that is almost the entire contents of the assessment book is easy to understand. This product only consists of each of the 4 character values ​​developed in each lesson, this development is arranged only on theme 7 grade IV SD.
 
Keywords : Learning Assessment, Character Values, SDGs Era
 
 
Abstrak : Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan produk assesment pembelajaran berdasarkan nilai-nilai karakter yang memiliki kevalidan, keterterapan, dan keterbacaan. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan  model O’Malley & Pierce yang dikhususkan untuk mengembangan assesment pembelajaran yaitu : membangun suatu tim, menentukan tujuan, menetapkan sasaran hasil, melakukan pengembangan staf, mengumpulkan contoh asessmen, menyesesuaikan assesment yang ada atau mengembangkan baru, uji coba assesment, dan meninjau ulang assesment. Hasil validasi aspek karakter menunjukkan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi (93%), Hasil validasi aspek bahasa menunjukkan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi (93,8%). Hasil uji keterterapan menunjukkan sangat baik dapat digunakan tanpa revisi (88,2%). Sedangkan uji keterbacaan menunjukkan kriteria  sangat menarik (97,2%) sesuai konversi tingkat kevalidan yaitu hampir seluruh isi buku assesment mudah dipahami. Produk ini hanya teridiri dari masing-masing 4 nilai karakter yang  dikembangkan dalam setiap pembelajaran, pengembangan ini disusun hanya pada tema 7 kelas IV SD.
 
Kata Kunci : Assesment Pembelajaran, Nilai Karakter, Era SDGs
Keywords
Assesment Pembelajaran, Nilai Karakter, Era SDGs

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Yunus. 2012. Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II Nomor II. (Online) (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1301/1082) diakses 5 September 2018.
Akbar, Sa’dun, dkk. (2015). Pendidikan Karakter Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.
Annur, Syubhan, dkk. 2018. Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan ISBN 978-602-6483-63-8. Banjarmasin 24 Maret 2018.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Pusat kurikulum dan pembukuan.
Listyawati, M. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1 (1): 61-69
Pribadi, R. E. 2015. Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Papua. E-Journal Ilmu Hubungan Internasional, (5(3):917-923.
O’Malley, J. Michael & Pierce, Lorraine Valdez. 1996. Authentic Assesmentt for English Language Learners. USA: Addison-Wesley Publishing.
Popham, W. J. 1995. Classroom Assesment. Boston: Allyn and Bocan.
Rozhana K & Fidiastuti H. 2017. Model Problem Based Intruction Berbantu Mind Mapping pada Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Setempat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 2 (2) 198.
Rozhana K & Sari N. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran bagi Guru dan Dosen 2018. Agustus 11 2018, malang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang.
Salvia, J. & Ysseldyke, J.E. (1996). Assessment. 6th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.
Stark, J.S & Thomas, A. 1994. Assesment and Program Evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.
Published
2019-01-01
How to Cite
ROZHANA, Kardiana Metha; SARI, Nila Kartika. Pengembangan Assesment Pembelajaran pada Nilai Karakter untuk Menghadapi Era Sustainable Development Goals. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 12-19, jan. 2019. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12554>. Date accessed: 23 july 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12554.