Pengembangan “Putik Berisi” (Petunjuk Praktikum Berbasis Literasi Sains) untuk Peserta Didik Kelas V di SDN Sidorejo I Tuban

  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

 
Literasi sains dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas pendidikan dan sumber daya manusia suatu negara. Kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban dan menunjukkan kemampuan literasi sains rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Putik Berisi dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahap. Namun, dalam jurnal ini difokuskan pada tahap ke 6 yaitu uji coba terbatas dengan 10 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan  hasil penelitian khususnya pada uji coba terbatas dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, PUTIK BERISI yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Berdasarkan data, Enam dari tujuh indikator kemampuan literasi sains yang diteliti mengalami peningkatan, sedangkan satu indikator kemampuan literasi sains tidak mengalami peningkatan maupun penurunan. Peningkatan terbesar terdapat pada indikator ke tujuh, yaitu dari 10% meningkat menjadi 100%. Respon peserta didik memberikan hasil yang positif terhadap pengembangan PUTIK BERISI yang ditunjukkan dari hasil respon lebih dari 80% untuk masing-masing indikator.

References

Arisman, A., & Permanasari, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) Dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, EDUSAINS, 7 (2): 179-189.
Bybee, R., B. McCrae, & Laurie, R. 2009. PISA 2006: An Assessment of Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8): 865-883.
Gormally, C., Peggy B., & Mary L., 2012. Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11: 364-377.
Heka, Y. 2012. 11 Makna Warna untuk Personality Anda. [Online] Available at: http://www.kompasiana.com/yudhaheka/11-makna-warna-untuk-personalityanda_55107761a333118b37ba83e7http://www.kompasiana.com/yudhaheka/11- makna-warna-untuk-personalityanda_55107761a333118b37ba83e7anda_55107761a333118b37ba83e7 [Accessed 5 Oktober 2015]
Hitipeuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
National Research Council (NRC). 1996. National Science Education Standarts. Washington: National Academy Press.
OECD. 2009. A Framework for PISA: Assessing Scientific, Reading, and Mathematical Literacy: OECD Publishing.
OECD. 2013. Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http: // www.oecd.org/pisa), diakses 01 Juni 2015.
Rachmatulloh, A. 2015. Profil Capaian Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Sumedang dengan Menggunakan Scientific Literacy Assessments (SLA). Skripsi Tidak Diterbitkan: Universitas Pendidikan Indonesia
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Walker, M. 2011. PISA 2009 Plus Results : Performance of 15-year-olds in reading, mathematics and science for 10 additional participants. Melbourne: ACER Press.
Wardani, S. 2008. Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Kromatografi Lapis Tipis Melalui Praktikum Skala Mikro, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (2): 317-322.
Winata, A., Cacik, S., & Widyanti, I. S. R. 2017. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Literasi Sains untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat II, Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Winata, A., Cacik, S., & Widyawati, I. S. R. 2018. Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air, JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1): 58-64.
Published
2018-07-10
How to Cite
CACIK, Sri; WINATA, Anggun; WIDIYANTI, Ifa Seftia Rakhma. Pengembangan “Putik Berisi” (Petunjuk Praktikum Berbasis Literasi Sains) untuk Peserta Didik Kelas V di SDN Sidorejo I Tuban. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 67-77, july 2018. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12202>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12202.