Login or Register to make a submission.

FORMAT DAN SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL



  1. Kertas A4 dengan margin halaman, kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 2 cm, bawah 3 cm.

  2. Tulisan naskah disusun dengan 1.15 spasi format dua kolom, kecuali abstrak/abstract dan daftar pustaka disusun 1 spasi.

  3. Margin paragraf rata kanan dan rata kiri (justify). Jumlah halaman minimal 12 halaman dan maksimal 15 halaman.

  4. JUDUL harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi dari tulisan dan menarik untuk dibaca (judul tidak lebih dari 20 kata dalam artikel Bahasa Indonesia atau 15 kata dalam artikel Bahasa Inggris dengan font Arial 14).

  5. NAMA penulis harus lengkap tanpa gelar (Penulis yang lebih dari satu harus dipisahkan dengan tanda koma (,).

  6. AFILIASI Penulis dilengkapi dengan nama lembaga (prodi, fakultas, universitas dan mencantumkan alamat email dengan Times New Roman 11).

  7. ABSTRACT (Inggris) dan ABSTRAK (Indonesia). Gunakan Times New Roman 12 untuk kata abstrak atau abstract, sedangkan isi abstrak atau abstract menggunakan Times New Roman 10. Abstrak Bahasa Inggris ditempatkan terlebih dahulu untuk naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, kemudian diikuti dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Inggris. Abstrak berisi pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan penelitian/kajian. Abstrak ditulis menerus dalam satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy-paste dari kalimat yang ada dalam naskah. Abstrak berisi ringksan hasil penelitian dan ditulis tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia.

  8. KEYWORDS (Inggris) dan Kata Kunci (Indonesia) sedangkan isi keywords (Times New Roman 10) minimal 3 kata sesuai dengan variabel.

  9. PENDAHULUAN berisi latar belakang, kajian teori dan tujuan (Times New Roman 12 dan maksimal 6 halaman).

  10. METODE PENELITIAN merupakan rangkaian kerja dalam pelaksanaan penelitian, mulai dari cara pelaksanaan dalam pengambilan data (sampel) hingga analisis datanya (Times New Roman ukuran 12 dan 1 halaman)

  11. PEMBAHASAN dapat berisi proses, hasil kajian, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya. Hasil bukan merupakan data mentah, tetapi merupakan data mentah terolah dari kajian/penelitian. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan teori yang ada dalam tinjauan pustaka (Times New Roman 12 dan maksimal 6 halaman).

  12. SIMPULAN merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan (Times New Roman 12 dan 1 halaman).

  13. DAFTAR PUSTAKA hanya memuat sumber yang dirujuk. Penulisan daftar pustaka menggunakan dan mengadopsi aturan dari Havard-American Psycological Association (APA).