Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning

mathematic creative thinking, contextual teaching and learning approach

  • Evaderika Ayu Artikasari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Abdul Aziz Saefudin

Abstract

Abstrak: Matematika sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi modern dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu siswa perlu disiapkan untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga siswa akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah yang melibatkan matematika mengingat pemanfaatan matematika yang sangat luas. Siswa yang kreatif akan mampu bersaing dalam kehidupan nyata. Dalam usaha menumbuhkan kemampuan tersebut maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Komponen pendekatan CTL dapat  menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif yang memuat indikator orisinilitas, fluency, flexibility dan elaboration.

References

Awalia, Kurnia. 2009. Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ( PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas Viia Smp Negeri I Gemolong ). Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Tersedia Online: http://eprints.ums.ac.id/3478/].
Damayanti, H.T. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Open Endend Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta. Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[Tersedia online: http://eprints.ums.ac.id/50123/14/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf]
Daryanto & Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif.Yogyakarta: Gava Media.
Fitriarosah, N.2016.Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk siswa SMP. Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 volume 1 tahun 2016 Universitas Kanjuruhan Malang. 243-249. [Tersedia online: http://repository.unikama.ac.id/840/30/243-250%20PENGEMBANGAN%20INSTRUMEN%20BERPIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20UNTUK%20SISWA%20SMP.pdf].
Johnson. E.B.2014. CTL (Contextual Teaching and Learning). Bandung: Kaifa
Moma, La. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Pattimura Ambon, volume 4 nomor 1, hlm 27-41. [Tersedia online: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/download/142/105].
Novita, R & Niawati. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama. Numeracy. volume 3 nomer 1. hlm 36-49. [Tersedia Online: http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/31].
Noer, S.H.2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Mmatematis. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2009. hlm 521-526 [Tersedia Online: http://eprints.uny.ac.id/12307/1/M_Pend_30_Sri%20Hastuti.pdf].
Nurlaela, L & Ismayati, E. 2015.Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta:Ombak.
Rahmawati, Yeni. 2016. Efektivitas Pendekatan Open Ended dan CTL Ditinjau Dari Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Aksioma. volume 5 nomer 1. hlm 13-24. [Tersedia Online: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=450262&val=7291&title=EFEKTIVITAS%20PENDEKATAN%20OPEN-ENDED%20DAN%20CTL%20DITINJAU%20DARI%20BERPIKIR%20KREATIF%20SISWA%20KELAS%20VII]
Ramdani, Yani. 2011. Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan Contekxtual Teaching and Learning. Prosiding LPPM Unisba. volume 2 nomer 1. hlm 450-458. [Tersedia online: http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/Sains/article/viewFile/84/pdf].
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefudin, A.A. 2012.Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al –Bidayah volume 4 nomer 1. hlm 37-48. [Tersedia Online: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/albidayah/article/view/99]
Suriany, Erma. 2016. Peningkatan Kemampuann Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Math-Talk Learning Community. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. volume 5. hlm 296-303.
[Tersedia online: http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/IME-V3.5-02.Erma_Suriany.pdf].
Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Surabaya: Prenada Media Group
Published
2017-12-12
How to Cite
ARTIKASARI, Evaderika Ayu; SAEFUDIN, Abdul Aziz. Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 73-82, dec. 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/800>. Date accessed: 22 july 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.