Pengaruh Penggunaan LKS Matematika Berbentuk Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar LKS: Komik: Motivasi Belajar

Main Article Content

Natalia Rosalina Rawa Wilibaldus Bhoke

Abstract

Motivasi belajar merupakan  daya penggerak baik dari dalam ataupun luar yang menumbuhkan gairah, merasa senang, dan semangat belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Sayangnya, motivasi  belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah  dasar masih dinilai cukup rendah. Berkaitan dengan hal tersebut upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan LKS yang di desain dalam bentuk komik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKS Matematika berbentuk komik terhadap motivasi belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan terhadap 18 siswa kelas VA sebagai kelas control, dan 17 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan sejak 4 Oktober hingga 6 Nopember 2016 dalam kelas Matematika. Data yang dikumpulkan berupa angket motivasi belajar dan wawancara. Angket motivasi belajar siswa didasarkan pada lima indikator motivasi menurut Wilcox, yaitu partisipasi, usaha, perilaku, organisasi, dan hasil kerja. Uji validasi dilakukan dengan product moment Pearson Correlation, dan hasil uji reliabilitas melalui Cronbach Alpha adalah r = 0.865. Teknik analisis data yang digunakan adalah parametrik one-tailed Paired t-test dan two-tailed Independent t-test dengan taraf signifikansi α=5%. Analisis menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan signifikan pada motivasi belajar tanpa LKS Matematika berbentuk komik (|th|=0.786 < t0.05,17 =1.740). Sebaliknya analisis menunjukan bahwa ada peningkatan signifikan pada motivasi belajar dengan LKS Matematika berbentuk komik (|th| = 2.614 > t0.05,17 =1.746) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen (|th|=2.152 > t0.05,33 = 2.0345). Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKS Matematika berbentuk komik pada motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
RAWA, Natalia Rosalina; BHOKE, Wilibaldus. Pengaruh Penggunaan LKS Matematika Berbentuk Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/781>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel