Penalaran Matematis Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Model Learning Cycle Dan Konvensional Pada Kuliah Statistika Matematika II

Learning Cycle: kemampuan penalaran matematis: N-gain

  • Tri Astuti Arigiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis model pembelajaran learning cycle dan konvensional pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika pada kuliah Statitika Matematika II. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis model pembelajaran learning cycle dan konvensioanl pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika pada kuliah Statitika Matematika II. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang dibandingkan, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Teknik analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan analisis N gain dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran learning cycle dan konvensional. Hal itu dilihat dari nilai sig dari indeks gain = 0.000 < α=0.05. Berdasarkan rata-rata kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle lebih baik dari model konvensional secara signifikan.
Published
2017-06-01
How to Cite
ARIGIYATI, Tri Astuti. Penalaran Matematis Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Model Learning Cycle Dan Konvensional Pada Kuliah Statistika Matematika II. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/777>. Date accessed: 23 june 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.