KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA DENGAN ADVERSITY QUOTIENT TIPE CLIMBER DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

  • titin Masfingatin
  • Wasilatul Murtafi’ah
Abstract views: 269 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 335

Abstract

Pembelajaran di perguruan tinggi bertujuan untuk membangun pola berpikir dalam struktur kognitif dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Mahasiswa dalam memecahkan masalah tentunya mengalami kesulitan yang dipengaruhi oleh Adversity Quotient. Adversity Quotient  mahasiswa dikategorikan menjadi 3 tipe, salah satunya tipe climber yang merupakan seseorang dengan daya juang tinggi dalam menghadapi kesulitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis mahasiswa pendidikan matematika dengan tipe climber dalam memecahkan masalah geometri.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik informasi yang diperoleh melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi kemampuan berpikir logis mahasiswa climber dalam pemecahan masalah geometri, yang meliputi: (1) Mahasiswa climber dalam memahami masalah mampu melakukan keruntutan berpikir dalam kategori baik, (2) Dalam menyusun rencana pemecahan masalah mampu melakukan keruntutan berpikir dan kemampuan berargumen dalam kategori baik, (3) Dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek memiliki kemampuan berargumen dan penarikan kesimpulan pada kategori baik, dan (3) Dalam memeriksa kembali hasil pemecahan subjek mampu menarik kesimpulan dengan baik.

 

Kata Kunci: berpikir logis, pemecahan masalah geometri, adversity quotient, climber

PlumX Metrics

Published
2016-09-15
How to Cite
Masfingatin, titin, & Murtafi’ah, W. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA DENGAN ADVERSITY QUOTIENT TIPE CLIMBER DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/398
Section
Artikel