KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR (MK PBM)

  • Ratna Yulis Tyaningsih Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM) memberikan pengalaman empirik dan praktis mengenai hal-hal yang berkenaan dengan kompetensi profesionalisme kependidikan, terutama yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dalam mempersiapkan calon guru matematika yang handal dan berkualitas. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan komunikasi lisan yang dimiliki mahasiswa masing cukup rendah, terlihat dari ketidaklancaran mahasiswa ketika sedang melakukan diskusi maupun menyajikan makalah presentasi. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan pedagogik mahasiswa cukup rendah, karena dalam proses pembelajaran peran guru sebagai fasilitator diperlukan kemampuan komunikasi lisan yang baik. Subjek yang akan diteliti ada 9 mahasiswa dengan rincian, 3 mahasiswa berkemampuan komunikasi lisan kurang baik, 3 mahasiswa berkemampuan komunikasi lisan baik, dan 3 mahasiswa berkemampuan komunikasi lisan sangat baik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan diukur kemampuan komunikasi lisan mahasiswa ketika diskusi kelompok dan tes lisan.   Kata Kunci: keterampilan komunikasi lisan, Proses Belajar Mengajar, MK PBM
Published
2016-09-15
How to Cite
TYANINGSIH, Ratna Yulis. KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR (MK PBM). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2016. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/395>. Date accessed: 18 oct. 2018.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.