MENERAPKAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Suatu Upaya Membangun Budaya dan Karakter Bangsa)

  • Muhammad Sudia UHO

Abstract


ABSTRAKPersoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajammasyarakat.Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, yang tertuang dalam berbagaimedia masa, melalui berbagai forum seminar. Berbagai persoalan muncul di masyarakatsebagai akibat dari krisis moral, misalnya: korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan,perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang makin terpuruk  dan sebagainya menjadi topikpembahasan hangat di media massa, seminar, dan di berbagai kesempatan. Metakognisiberhubungan dengan kesadaran  seseorang tentang cara berpikirnya sendiri dan kemampuanorang yang bersangkutan menggunakan strategi-strategi  berpikir  tertentu dengan tepat.Seseorang yang telah memiliki metakognisi, akan menyadari pentingnya  pendidikan budayadan karakter bangsa dalam upaya membangun bangsa kearah yang lebih baik, dan dengandemikian juga akan menyadari bahwa nilai-nilai yang ada pada pendidikan budaya dankarakter  bangsa adalah sangat penting untuk membangun generasi muda bangsa di masamendatang yang lebih baik. Kesimpulan tulisan dalam makalah ini adalah sebagai berikut: (1)salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi, paling tidak mengurangimasalah budaya dan karakter bangsa adalah melalui pendidikan, yaitu dilakukan melaluiserangkaian kegiatan pembelajaran pemecahan masalah yang melibatkan metakognisi; (2)seseorang yang telah memiliki metakognisi akan menyadari pentingnya pendidikan budayadan karakter bangsa, dan dengan demikian juga akan menyadari bahwa nilai-nilai yang adapada pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah sangat penting untuk membangungenerasi muda bangsa di masa mendatang yang lebih baik; (3) melalui pembelajaranpemecahan masalah yang melibatkan metakognisi, juga akan terbentuk pola pikir yang baikpada diri seseorang dan hanya orang-orang yang memiliki pola pikir  yang baik yang akanmenerapkan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam kehidupannya sehariharidansalahsatunyadalammengelolasumberdayakelautan.KataKunci:Metakognisi, Pemecahan Masalah, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-04
How to Cite
SUDIA, Muhammad. MENERAPKAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Suatu Upaya Membangun Budaya dan Karakter Bangsa). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, nov. 2015. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/239>. Date accessed: 21 sep. 2019.
Section
Artikel