Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi vektor

  • Fadilah Safinatu Salama Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Inganah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wiwik Sugiarti Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract views: 606 , PDF downloads: 426
Keywords: Problem Based Learning, aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran matematika, vektor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 3 di SMAN 02 Batu pada materi vektor pada pelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah vektor. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pengelolaan pembalajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil tes. Hasil penelitian menyebutkan bahwa persentase pengaplikasian model PBL sebesar 97% yang berarti bahwa peneliti telah mengolah pembelajaran dengan sangat baik. Selain itu, pada lembar observasi aktivitas, aktivitas belajar peserta didik meningkat sebesar 89% yang berarti bahwa peserta didik sangat aktif dalam kegiatan pembelajara. Pada hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas yaitu sebesar 78%.  Berdasarkan data tersebut terbukti bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

References

Abdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The effects of problem based learning on mathematics performance and affective attributes in learning statistics at form four secondary level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8(5), 370–376. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.052

Ahmad, R., Ariff, M., Tarmizi, A., & Izzati, N. (2010). Problem-based learning : engaging students in acquisition of mathematical competency. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4683–4688. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.750

Akçay, B. (2009). Problem-Based learning in science education. Journal of Turkish Science Education, 6(1), 26–36.

Ali, R., Hukamdad, Akhter, A., & Khan, A. (2010). Effect of using problem solving method in teaching mathematics on the achievement of mathematics students. Asian Social Science, 6(2), 67–72. https://doi.org/10.5539/ass.v6n2p67

Bridges, E., & Hallinger, P. (1992). Problem-based learning for administrators. Eugene, OR: ERIC Clearinghouse on Educational Management

Ervin, O., Salama, F. S., Fatahillah, A., Monalisa, L. A., & Setiawan, T. B. (2018). Development 3D animated story as interactive learning media with lectora inspire and plotagon on direct and inverse proportion subject. Journal of Physics, (1108), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012111

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Garcia, L. L., Kempler, T., & Koskey, K. L. K. (2011). Affect and engagement during small group instruction. Contemporary Educational Psychology, 36(1), 13–24. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.09.001

Ozdamli, F. (2012). Social and pedagogical framework of m-learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 0(2011), 927–931. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.171

Padmavathy, R. D., & K, M. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1), 45–51.

Pintrich, P. R. (2004). A Conceptual framework for assessing motivation and self-regulated learning in college students. Educational Psychology Review, 16(4), 385–407. https://doi.org/10.1007/s10648-004-0006-x

Roh, K. H. (2013). Problem-based learning in mathematics. ERIC.

Tazminar. (2015). Meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. JUPENDAS, 2(1), 45–57.

Velarde, R. R., Alexandrov, N., Sanhueza-olave, M., & Cazares, R. P. (2016). The impact of learning activities on the final grade in engineering education 2 definition of learning and final exams grades. Procedia - Procedia Computer Science, 80, 1812–1821. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.05.465

Widyastuti, W. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan metode numbered head together pada siswa kelas X SMA 3 bantul. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, XX(1), 7.

PlumX Metrics

Published
2019-05-30
How to Cite
Salama, F. S., Inganah, S., & Sugiarti, W. (2019). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi vektor. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 51-58. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12815