Eksplorasi Kemampuan Matematis Siswa Berdasarkan Pola Sidik Jari

  • Lina Rihatul Hima universitas nusantara PGRI kediri

Abstract


Sidik Jari merupakan karakteristik yang dimiliki oleh setiap orang dan pasti berbeda. Ibaratnya, sidik jari merupakan barcode pada masing-masing orang. Guratan-guratan garis pada jari-jari siswa diramalkan mempunyai pola yang dapat menggambarkan kemampuan matematis. Dalam penelitian ini, peneliti hanya meneliti kaitan sidik jari dengan kemampuan berhitung, logika dan geometri pada siswa. Diawali dengan peneliti mengambil sidik jari siswa, kemudian melakukan uji tes tertulis pada siswa sampai uji keabsahan data penelitian. Berdasarkan analisis keterkaitan antara tes pertama, tes kedua dan pola sidik jari yang dimiliki siswa, maka diperoleh suatu kesimpulan yaitu siswa yang unggul dalam kemampuan berhitung adalah siswa yang memiliki pola sidik jari whorl.  Siswa yang unggul dalam kemampuan logika matematis adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Siswa yang unggul dalam kemampuan geometri adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Jika tes sidik jari ini dilakukan sejak dini pada siswa, maka kemampuan matematis siswa dapat diketahui, sehingga jika tes menunjukkan kekurangan kemampuan pada siswa maka dapat segera dicarikan solusi. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di sekolah terhadap mata pelajaran matematis dapat berjalan dengan efektif, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Keywords
kemampuan matematis, pola sidik jari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Misbach, Ifa H. 2010. Dahsyatnya Sidik Jari. Jakarta Selatan : Visimedia.

Setiono, Widianto. Apakah Anda Ingin Menemukan Potensi Unggul Anak Anda Sejak Dini. Jakarta : Grasindo.

Sobirin. 2007. Fokus Matematis Siap Ujian Nasional. Jakarta : Erlangga.

Sutrisno. 2010. Puzzles & Senam Otak Untuk Meningkatkan Daya Ingat. Jogjakarta : Bangkit.

Widodo, Dwi Putro. 2010. Sidik Jari Bisa Kenali Bakat dan Kemampuan Anak. (online). Diunduh 28 Mei 2010.

Nurmabruroh, Siti. 2010. Implementasi Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus Activies, Class-Discussion
Exercise Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMA. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Jogjakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga
Published
2018-11-30
How to Cite
HIMA, Lina Rihatul. Eksplorasi Kemampuan Matematis Siswa Berdasarkan Pola Sidik Jari. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 198 - 206, nov. 2018. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12771>. Date accessed: 21 may 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12771.