Implementasi Aplikasi Geogebra Graphing Calculator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi

  • Dani Rizana STIE Putra Bangsa
  • Eka Safitri STIE Putra Bangsa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi media pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Graphing Calculator dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Classroom Action Research atau metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data pengamatan dalam kegiatan ini dikumpulkan melaui lembar observasi, dokumentasi dan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi S-1 Manajemen semester gasal 2018/2019 yang menempuh mata kuliah Matematika Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa  mengalami peningkatan. Pada siklus I rata rata aktivitas mahasiswa berkriteria cukup dengan skor persentase 62,33 %, siklus II mengalami peningkatan rata rata aktivitas mahasiswa berkriteria sangat baik dengan skor persentase 85,07 %. Kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukan dengan rata-rata skor hasil belajar pada siklus I sebesar 78,06, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata skor hasil belajar sebesar 91,78. Kesimpulan dari penelitian  ini adalah implementasi media pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra Graphing Calculator dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah matematika Ekonomi.

References

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Malang: Depdiknas
Juraman SRodrick .2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif .https://ejournal.unsrat.ac.id. Journal Volume III. No.1. Tahun 2014. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 Pukul 09.00 WIB.
Mahmudi Ali. 2011. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. http://staffnew.uny.ac.id/. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 Pukul 09.30 WIB.
Sarwiji Suwandi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Smaldino, Sharon E. et al.(2005). Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey:Prentice Hall
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Published
2018-11-26
How to Cite
RIZANA, Dani; SAFITRI, Eka. Implementasi Aplikasi Geogebra Graphing Calculator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 177-185, nov. 2018. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12549>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12549.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.