Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar

  • Farida Utami Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Chusnal Ainy Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Himmatul Mursyidah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 15 Surabaya sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, soal tes kreativitas, soal ketuntasan hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 dan ke-2 selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar memenuhi tujuh dari delapan indikator waktu ideal; (2) Kemampuan guru mengelola pembelajaran pada pertemuan ke-1 rata-rata total sebesar 3,63 dengan kategori sangat baik dan pertemuan ke-2 rata-rata total sebesar 3,53 dengan kategori sangat baik; (3) Kreativitas siswa tercapai dengan kategori kreatif; (4) Ketuntasan hasil belajar tercapai dengan 88% dari seluruh siswa telah mencapai KKM; (5) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang sangat positif. Jadi, penerapan model pembelajaran CPS dalam pembelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar karena memenuhi lima indikator yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords
Creative Problem Solving, Efektivitas, Hasil Belajar, Kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, W. (2015). Efektivitas pembelajaran matematika dengan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VII-B di SMP muhammadiyah 10 surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Irawan, D. (2015). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian melalui pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). https://kbbi.kemdikbud.go.id diakses tanggal 4 Februari 2018.

Kosasih, E. (2013). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasari, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap kemampuan analogi matematika siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.

Oktania, N A. (2016). Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika SMP muhammadiyah 13 surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online) http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf diakses tanggal 4 Februari 2018.

Utami, S., S. (2014). Pengaruh model creative problem solving terhadap pemahaman konsep persamaan linear satu variabel (plsv). Skripsi tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.
Published
2019-05-30
How to Cite
UTAMI, Farida; AINY, Chusnal; MURSYIDAH, Himmatul. Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 01-13, may 2019. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12332>. Date accessed: 21 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12332.