Efektivitas Pembelajaran Laboraturium Dengan Involving Students In Self-And Peer Evaluation Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

  • Dian Ratna Puspananda IKIP PGRI Bojonegoro
  • Puput Suriyah

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah: a) untuk membuktikan apakah pembelajaranBerbasis Laboraturium dengan Involving Students in Self-and Peer Evaluation lebih efektifdibandingkan dengan Direct instruction terhadap hasil belajar pada mahasiswa semesterVI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, b) untuk membuktikanapakah mahasiswa yang memiliki memiliki gaya kognitif field dependent mempunyai hasilbelajar lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki memiliki gaya kognitif fieldindependent, c)untuk membuktikan pada masing-masing pembelajaran, manakah yangmempunyai hasil belajar yang lebih baik, mahasiswa yang yang memiliki gaya kognitif fielddependent atau field independent, d)untuk membuktikan pada masing-masing gayakognitif, manakah yang mempunyai hasil belajar yang lebih baik, mahasiswa yang dikenaiPembelajaran Berbasis Laboraturium dengan Involving Students in Self-and PeerEvaluation atau Direct Instruction. Penelitian eksperimental semu ini dilaksanakan di IKIPPGRI Bojonegoro pada mahasiswa yang mengambil matakuliah PTK. Hasil penelitian iniadalah a)mahasiswa dengan model pembelajaran laboratorium dengan involvingstudents in self-and peer evaluation dapat memberikan hasil belajar yang lebih baikdaripada direct instruction, b)mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independentmemiliki hasil belajar yang lebih baik daripada field dependent, c)pada masing-masingmodel pembelajaran, mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent secarasignifikan selalu memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada field dependent, d) padamasing-masing gaya kognitif, model pembelajaran laboratorium dengan involvingstudents in self-and peer evaluation secara signifikan selalu memberikan hasil belajar yanglebih baik daripada direct instruction.Kata Kunci: laboraturium, involving students in self-and peer evaluation, gaya kognitif .

References

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Clarke, S. (2005). Formative assessment in the secondary classroom. London: Hodder Murray.
Nasution. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutton, K. S. (2009). Educational Psychologi. Zurich, Switzerland: The Global Text Project.
Rahayuningsing dan Dwiyanto. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: UGM Press.
Sugiyono. 2010). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supratiknya, A. (2012). Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.
Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan MAsalah MAtematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependen dan Field Independen. Seminar Nasional MAtematika dan Pendidikan Matematika (hal. 95-172). Surakarta: UNS Press.
Widodo dan Lusi, Widayanti. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Fisika Indonesia. No. 49, Vol XVII. ISSN 1410-2994.
Wijaya, A. P. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Keingintahuan dan Gaya Kognitif Peserta Didik SMP di Kabupaten Blora. Surakarta: UNS Press.
Zainudin, M. (2012). implementasi Direct Instruction dengan Involving Students in Self-and Peer Evaluation untuk meningkatkan kreativitas dalam menyusun pendahuluan pada proposal penelitian kuantitatif. Acarya , 22-25.
Zainudin, M. (2012). Direct Instruction Disertai Involving Students In Self-And Peer Evaluation untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Humaniora. Vol. 11 No.1 Halaman 1-55 ISSN 1693-8925.
Published
2017-12-31
How to Cite
PUSPANANDA, Dian Ratna; SURIYAH, Puput. Efektivitas Pembelajaran Laboraturium Dengan Involving Students In Self-And Peer Evaluation Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 2, dec. 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/11800>. Date accessed: 22 july 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11800.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.