http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/issue/feed JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS 2017-11-02T04:11:02+00:00 diah ayu septi fauzi dseptifauzi@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis (NUSAMBA) diterbitkan sejak tahun 2016 oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal NUSAMBA menerbitkan artikel ilmiah dan sangat menghargai pemikiran – pemikiran kritis serta menantang untuk memicu lahirnya konsep dan praktik manajemen diseluruh wilayah Nusantara. Jurnal NUSAMBA diterbitkan 2(dua) kali 1 (satu) tahun pada bulan April dan Oktober. Setiap terbitan ada 7 artikel.</p> <p><a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/issue/view/27">Vol 1 No 1 Tahun 2016<br></a><a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/issue/view/46">Vol 1 No 2 Tahun 2016</a></p> <p><a href="http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/issue/view/46">Vol 2 No 1 Tahun 2017</a></p> http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/810 PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP TINGKAT KELELAHAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA OPERATOR PRODUKSI ARV PT KIMIA FARMA (PERSERO) TBK. UNIT PLANT JAKARTA 2017-11-02T04:11:02+00:00 Nurul Auliya auliya.nurul24@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh yang diberikan shift kerja terhadap tingkat kelelahan kerja dan dampaknya terhadap kinerja pada operator produksi ARV. Shift kerja merupakan pola waktu kerja yang ditentukan perusahaan bagi pegawainya yang terbagi menjadi pagi, siang dan malam. Sistem kerja shift dilakukan untuk menjamin optimalisasi kegiatan produksi dan pelayanan terhadap konsumen. </em><em>Kelelahan merupakan perasaan tidak normal, lelah, lesu, hilang kendali, dan juga perasaaan </em><em>lain</em><em> yang sulit untuk didefinisikan karena kelelahan merupakan perasaan yang bersifat subjektif. </em><em>Metode yang digunakan penelitian ini yaitu analisis jalur. </em><em>Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa jadwal rotasi shift kerja dan data primer berupa kuesioner untuk mengukur tingkat kelelahan dan kinerja pegawai.</em><em> Hasil uji yang dilakukan menunjukkan tidak ada pengaruh yang diberikan antara shift kerja terhadap tingkat kelelahan kerja dan dampaknya terhadap kinerja operator produksi ARV. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F dengan nilai F<sub>hitung</sub> lebih kecil dibandingkan dengan nilai&nbsp; F<sub>tabel</sub> (1.189 &lt; 3.34).&nbsp; </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Kata Kunci : Kelelahan, Kinerja, Shift</em></p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/801 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA STEKOM SEMARANG 2017-11-01T04:51:45+00:00 Haryo Kusumo haryo@stekom.ac.id <p><em>This </em><em>research</em><em> aim</em><em>s</em> <em>at</em><em> analyz</em><em>ing</em><em> the influence of organizational culture, motivation, organizational commitment as moderating variables and their impact on employee performance. The proposed</em> <em>hypothes</em><em>e</em><em>s: An organizational culture has a significant influence on employee performance, motivation has a significant influence on employee performance, organizational commitment has a meaning effect on employee performance. The results showed that organizational culture positive and significant effect on employee performance, motivation and significant positive effect on employee performance, organizational commitment moderates the positive influence of organizational culture on employee performance, organizational commitment moderates the positive effect of work motivation on employee performance</em></p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/812 MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP BERDASARKAN ANALISIS CONCEPTUAL MODEL OF CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMENT (CKM) 2017-11-01T04:51:46+00:00 Robby Andika Kusumajaya mr.robbyandika@gmail.com <p><em>Persaingan bisnis dalam dunia pendidikan semakin tinggi, mengakibatkan banyak perguruan tinggi yang harus meningkatkan pelayanan guna menjaring konsumen/calon mahasiswa. Salah satu alat yang digunakan untuk menjaring konsumen tersebut adalah media informasi online, biasa disebut website yang mudah untuk di akses dimana saja, kapan saja. Penggunaan fitur-fitur website yang sesuai dengan kebutuhan konsumen menjadi sangat penting, karena dapat menjawab setiap pertanyaan yang dibutuhkan mereka. Pengembangan fitur-fitur ini juga perlu dikembangkan melalui konsep CKM karena lembaga perguruan tinggi dapat mengetahui sejauh mana sebuah website dikatakan sesuai dengan permintaan konsumen, selain itu menjadi sebuah strategi penting dalam meningkatkan mutu dari lembaga itu sendiri. SPSS.19 menjadi satu bagian dalam mengukur tingkat validitas dan reliabilitas pengguna website dengan membagi ada 3 variabel yang diujikan, pertama variabel </em><em>Acquire</em><em>, kedua variabel </em><em>Retain</em><em>, yang ketiga variabel </em><em>Expansion</em><em>. Hasil yang didapatkan melalui uji validasi ada beberapa fitur yang kurang sesuai/valid dengan kebutuhan konsumen terutama pada variabel </em><em>Acquire, </em><em>karena nilai r </em><em>hitung memiliki nilai lebih rendah 0,300 dari r tabel</em><em>. Selain itu untuk uji reliabilitas </em><em>diketahui angka cronbach alpha adalah sebesar 0,102</em><em> berada pada variabel </em><em>Retain</em><em>, jadi angka tersebut (0,102) lebih besar dari nilai minimal srandart cronbach alpha yaitu 0,6. Kesimpulan yang didapatkan bahwa instrumen penelitian pengukuran variabel Retain dapat dikatakan tidak reliabel atau kurang handal.</em> <em>Kesimpulannya adalah dengan penggunaan conceptual model of customer knowledge management (CKM) maka lembaga perguruan tinggi ini dapat meningkatkan kinerja pelayanan secara maksimal.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong><em>CKM, KM, CRM, SPSS 19, &nbsp;Perguruan Tinggi</em></p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/849 IS THERE ANY IMPACT OF SOCIAL MEDIA ON ACADEMIC PERFORMANCE? (An Empirical Study From College Student In Jakarta) 2017-11-01T04:51:46+00:00 Bagus Nurcahyo bagus@staff.gunadarma.ac.id <p><em>This study aimed to examine empirically the social network activities that affect academic performance. Obtain sample data using questionnaires and obtain data from top 10 universities in Webometrics and total 75 respondents. This study examined the utilization period of social networks, social network usage motivation, academic data and activities respondents perceived influence on academic performance. Using multiple regression techniques, the study found that social network activity does not negatively impact on academic performance.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>social network, Facebook, Twitter, Academic Performance, GPA</em></p> 2017-11-01T04:49:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/923 PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PENGALAMAN PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI 2017-11-01T04:51:46+00:00 Rino Sardanto rinosardanto@unpkediri.ac.id <p>The aim of the research is to describe the implication of entrepreneurial learning based on the experience in Management program study. This research uses qualitative approach. Data collection techniques used observation, interview and documentation. The data were analyzed using reduction, data presenting and conclusion. The result of the research shows that the experiential learning makes the students have their own experience based on knowledge, what is seen, heard and felt. Intrapersonal ability such as cultivate self-confidence, ability to overcome problems, independence and responsible and critical thinking increases</p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/924 ANALISIS PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK NATA DE COCO UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI DALAM SUPPLY CHAIN DENGAN MODEL CPFR (COLLABORATIVE PLANNING, FORECASTING, AND REPLENISHMENT) 2017-11-01T04:51:46+00:00 Lina Saptaria linauniskakediri@gmail.com <p>Effective business process strategy in the application of SCM (Supply Chain Management) is the use of collaborative planning, forecasting and replenishment (CPFR) methods where producers, distributors and retailers work together to plan, forecast and fill return products sold in the market. The purpose of this study is to describe the process of preparing collaborative forecasting between Supply Chain partners by referring to the CPFR model workflow in micro-scale manufacturing business and finding the most effective and efficient forecasting methodology that can be used as the basis for decision making in planning and production control throughout the supply chain. Forecasting analysis using time series model with 3 methods of Moving Averages with 4 month time period, Trend Projection exponential smoothing method with α = 0.1, α = 0.5, α = 0.9 and Linear Regression (Least Squares). The results show that the Linear Regression (Least Squares) method is the most effective method that can be used as the basis for decision making in production planning and control throughout the supply chain.</p> <p>Keywords: Demand Forecasting, Production Planning and Control, Time Series Method, CPFR Model</p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/842 Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Dan Meningkatkan Peserta Didik Pada (Ma) Madrasah Aliyah Ibrohimiyyah Demak 2017-11-01T04:51:46+00:00 Febryantahanuji Hanu febryanth@gmail.com <p>Perkembangan teknologi informasi berkembang pesat terutama untuk kepentingan bisnis dan promosi sebuah produk maupun perusahaan. Tidak ketinggalan layaknya perusahaan. Begiti pula dalam dunia pendidikan, hal ini menjadi dampak yang cukup berarti di bidang pendidikan untuk terus menunjukkan eksistensinya dalam dunia teknologi. Dalam perkembangan teknologi informasi terutama internet yang dapat menimbulkan rasa ketertarikan dan penasaran karena internet dapat membuat banyak orang tidak merasa mudah jenuh, dengan internet kita dapat dengan mudah untuk membuka jendela informasi yang cepat dan terkini. Maka tidak ada salahnya beberapa instansi mulai menggunakan website. Dengan website siapapun dapat mempromosikan sebuah instansi metode tersebut secara tidak langsung berhubungan dengan teknologi informasi, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan website sebagai media pemasaran dan promosi. Diharapkan MA Ibrohimiyyah dapat menggunakan website untuk meningkatkan promosi instansi dan peserta didik. Dengan adanya website promosi tidak akan terbatas oleh tempat dan waktu. Sehingga hal ini diharapkan dapat meningkatkan peserta didik sesuai dengan harapan instansi.</p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> Pemanfaatan website, Pemasaran, Promosi, Media Pemasaran</em></p> 2017-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/933 ANALISIS IMPLEMENTASI BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA SMP KRISTEN PETRA KEDIRI (STUDI KASUS DI SMP KRISTEN PETRA KEDIRI) 2017-11-01T04:51:46+00:00 Amat Pintu Batu donsilalahi@gmail.com <p>The purpose of this research is to know the Implementation of Balance Scorecard at SMP Kristen Petra Kediri, the performance of SMP Kristen Petra Kediri before Implementation of Balance Scorecard, the performance of SMP Kristen Petra Kediri after Balance Scorecard Implementation, to confirm whether the change of SMP Kristen Petra Kediri performance is caused by Balance Scorecard implementation or other causes. This research uses descriptive qualitative approach. This technique is chosen because with this technique the researchers can clearly illustrate the phenomenon that occurred in the place of research, precisely the phenomenon of Balance Scorecard implementation in SMP Kristen Petra Kediri. While data collection techniques are in-depth interviews and observations which then use triangulation. Data analysis techniques are done by reducing the data obtained, presenting and drawing conclusions.</p> <p>&nbsp; Keywords: Balance Scorecard, Perspective, Balance</p> 2017-11-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##