Muhamad Pemilihan Jurusan untuk Siswa Kelas X menggunakan Weigted Product

  • Muhamad Aris Saputra
Abstract views: 191 , PDF downloads: 0

Abstract

 

AbstrakPendidikan merupakan kewajiban bagi setiap anak. Terutama didalam proses penentuan pilihan jurusan. Hasil pengamatan di SMA Negeri 1Kandatbahwa dalam menentukan penjurusan siswa, pihak sekolah masih menggunakan sistem manual dan belum terkomputerisasi. Akibatnya kegiatan operasional sekolah sering terhambat atau terkendala dengan waktu, kesalahan teknik baik penulisan maupun penyajian informasi yang diinginkan. Untuk itu di butuhkan sistem pendukung keputusan dalam menentukan penjurusan siswa yang bertujuan mempermudah guru kesiswaan dalam mengambil keputusan penjurusan dengan sistem yang terkomputerisasi.

Perancangan sistem ini menggunakan metode WP(Weighted Product)dan berbasiskan web. Metode WPdipilih karena berdasarkan pada konsep dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan sehingga akan diperoleh diperoh nilai atribut yang terbaik.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penentuan penjurusan berdasarkan perangkingan dari metode WP yang dijadikan sebagai alternatif dalam pengambilan keputusan menurut  kriteria dan bobot setiap masing-masing kriteria.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini bahwa sistem pendukung keputusan penentuan penjurusan siswa di SMA Negeri 1 Kandat menggunakan metode WP telah menunjukkan penentuan penjurusan.Penambahan data siswa dan data nilai dapat dilakukan dan tersimpan dalam database.

 

Kata Kunci—Sistem Pendukung Keputusan, WP, sekolah

PlumX Metrics

Published
2017-01-10
How to Cite
Saputra, M. A. (2017). Muhamad Pemilihan Jurusan untuk Siswa Kelas X menggunakan Weigted Product. Generation Journal, 1(1), 56-63. https://doi.org/10.29407/gj.v1i1.529