Evaluasi Usability Menggunakan Usability Testing Method (Studi Kasus: Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar)

Main Article Content

Vederico Pitsalitz Sabandar Harry Budi Santoso

Abstract

Abstrak – Prinsip utama yang dijadikan ukuran keberhasilan dalam mengembangkan suatu sistem ialah usability. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar (AMPSD) serta memperoleh rekomendasi guna pengembangan selanjutnya. Evaluasi yang dilakukan, berfokus pada aspek usability yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Selanjutnya, rekomendasi yang diperoleh kemudian disusun menggunakan prinsip desain interaksi. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dengan target pengujian terdiri dari kelompok dosen dan mahasiswa sebanyak 30 responden. Selanjutnya, untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, digunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi yang dilakukan, menunjukkan bahwa AMPSD telah memenuhi tiga aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil analisis terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan aplikasi menunjukkan bahwa baik pada kelompok dosen maupun mahasiswa, sukses (tidak mengalami kegagalan) dalam menyelesaikan tugas dengan lamanya waktu yang dibutuhkan dikategorikan sangat cepat. Selanjutnya, hasil analisis terhadap tingkat kepuasan pengguna menggunakan kuesioner SUS, menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima (Acceptable). Rekomendasi yang diperoleh yaitu terkait dengan tampilan interface dan konten yang terdapat pada halaman beranda, game education, dan materi, dimana perlu dirancang kembali agar lebih memudahkan user dan tidak menimbulkan kejenuhan selama menggunakan aplikasi tersebut.

Article Details

How to Cite
SABANDAR, Vederico Pitsalitz; SANTOSO, Harry Budi. Evaluasi Usability Menggunakan Usability Testing Method (Studi Kasus: Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar). Generation Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 13-24, aug. 2018. ISSN 2549-2233. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12352>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v2i2.12352.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.