Yayak Kartika Sari Prediksi Customer Churn Berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

Main Article Content

Yayak Kartika Sari Kusrini Kusrini Ferry Wahyu Wibowo

Abstract

Abstrak – Customer Churn adalah pelanggan yang berhenti berlangganan dan pindahpada perusahaan lain, karena berbagai faktor. Customer churn merupakan masalah yang sangatpenting yang harus dihadaapi oleh perusahaan karena berhentinya pelanggan akan berdampakpada retensi perusahaan. Oleh sebab itu, dibuatkan sistem prediksi customer churn untukmengetahui tingkat pelanggan yang churn, apabila customer churn dapat diketahui terlebih dahulu,maka akan menguntungkan bagi pihak CRM untuk mengatur strategi-strategi mencegah pelangganyang melakukan churn. Untuk menentukan prediksi customer churn menggunakan teknik datamining dengan algoritma ANFIS. Algoritma ANFIS merupakan gabungan antara jaringan syaraftiruan dengan fuzzy inference system. Model prediksi yang dibangun dengan metode ANFISmenggunakan pembelajaran alur maju dan pembelajaran alur mundur, sehingga untuk melakukanprediksi dibutuhkan nilai parameter fuzzy baru yang diperoleh dari proses pelatihan. Setelah nilaiparameter fuzzy baru didapatkan, maka akan dilakukan tahap pengujian. Pada tahap pengujiandilakukan dengan proses pembelajaran maju untuk mendapatkan nilai prediksinya, sehingga padaprosesnya nilai prediksi yang berupa angka dan status prediksi. Pelatihan dan pengujian ANFISuntuk semua produk menghasilkan perbandingan nilai error rata-rata pelatihan sebesar 8,316 %

Article Details

How to Cite
SARI, Yayak Kartika; KUSRINI, Kusrini; WIBOWO, Ferry Wahyu. Yayak Kartika Sari Prediksi Customer Churn Berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Generation Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-39, apr. 2018. ISSN 2549-2233. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12054>. Date accessed: 19 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12054.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.