UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKANALAT BANTU TRADISIONAL

Main Article Content

NUR Ahmad Muharram

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui penggunaan alat bantu pembelajaran tradisional.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri Wonokerso III Kedawung yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 15 siswa putri. Sumber data primer, berupa RPP, hasil belajar dan proses pembelajaran. Data sekunder berupa silabus dan dokumen kelas siswaSD Negeri Wonokerso III Kedawung. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau arsip. Untuk menjamin validitas data maka yang digunakan untuk memeriksa validitas data yaitu dengan validitas isi dan teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian adalah dengan menentukan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian. Adapun langkah-langkah pelaksanaan PTK secara prosedurnya adalah dilaksanakan secara partisipatif atau kolaborasi (guru, dosen dengan tim lainnya) bekerjasama, mulai dari tahap orientasi dilanjutkan penyusunan rencana tindakan dilanjutkan pelaksanaan tindakan dalam siklus pertama, diskusi yang bersifat analitik yang kemudian dilanjutkan kepada langkah refleksi-evaluatif atas kegiatan yang dilakukan pada siklus pertama, untuk kemudian mempersiapkan rencana modifikasi, koreksi, atau pembetulan, atau penyempurnaan pada siklus kedua dan seterusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muharram, N. A. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKANALAT BANTU TRADISIONAL. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/81
Section
Artikel
Bookmark and Share