Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif

Main Article Content

Andri UNP Pitoyo

Abstract

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan perbedaan keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran, (2) menemukan perbedaan keterampilan menulis kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independence, dan (3) menemukan interaksi penggunaan tiga jenis model pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif dalam memengaruhi keterampilan menulis.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan disain faktorial 3x2. Manipulasi dilakukan pada variabel model pembelajaran. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan khusus, masing-masing model pembelajaran kooperatif jenis Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran. Kelompok eksprimen dibedakan atas siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independene. Populasi adalah siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten  Kediri tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan sampel adalah siswa kelas V pada 12 SD di tiga Kecamatan  di Kabupaten Kediri, yaitu empat SD di Kecamatan Kandat, empat SD di Kecamatan Ngadiluwih, empat SD di Kecamatan Badas, yang seluruhnya berjumlah 368 siswa yang diambil dengan teknik multi stage area random sampling. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis, jenis gaya kognitif ditentukan dengan tes gaya kognitif. Data yang terkumpul disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan dianalisis dengan teknik analisis variansi dua jalan.

Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jenis Investigasi Kelompok  lebih baik dari pada kelompok siswa yang belajar dengan jenis Percepatan Pembelajaran Tim ataupun Bermain Peran, sedangkan keterampilan menulis kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jenis Percepatan Pembelajaran Tim dan Bermain Peran sama baiknya. Keterampilan menulis kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independence lebih baik dari pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence. Terdapat interaksi antara jenis model pembelajaran kooperatif dan gaya kognitif dalam mempengaruhi keterampilan menulis. Interaksi tersebut ditunjukkan dengan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independence, penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis investigasi kelompok lebih baik dibandingkan dengan jenis Percepatan Pembelajaran Tim atau pun jenis Bermain Peran, sedangkan Percepatan Pembelajaran Tim sama baiknya dengan jenis Bermain Peran. Pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence ketiga jenis model pembelajaran kooperatif itu sama baiknya.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Gaya Kognitif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pitoyo, A. U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/77
Section
Artikel
Bookmark and Share