KONTRIBUSI PERSEPSI KINESTETIK DAN KELINCAHAN TERIIADAP HASIL TEMBAKAN BOLA BASKET

Main Article Content

ngadenan _ ngadenan

Abstract

Kontribusi Persepsi Kinestetik Dan Kelincahan Terhadap Hasil Ketetapan Tembakan Bola Basket Pada Siswa Putera Kelas Dua Sekolah Menengah Umum Negeri 8 Wilayah Kodya Kediri, Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga,Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empiris tentang ; (l)

Hubungan asosiasi persepsi kinestetik dengan hasil ketepatan tembakan bola basket, dan besarnya kontribusi persepsi kinestetik terhadap hasil ketepatan tembakan bola basket; (2) Hubungan asosiasi kelincahan dengan hasil ketepatan tembakan bola basket, dan besamya kontribusi kelincahan terhadap hasil ketepatan tembakan bola basket; (3) Hubungan asosiasi ganda persepsi kinestetik dan kelincahan secara bersama-sama dengan hasil ketepatan tembakan bola basket, dan besarnya kontribusi persepsi kinestetik bersama kelincahan terhadap ketepatan tembakan bola basket.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah;(1) Terdapat hubungan asosiasi antara persepsi kinestetik dengan hasil ketepatan tembakan bola basket; (2) Terdapat hubungan asosiasi antara kelincahan dengan hasil ketepatan tembakan bola basket; (3) Terdapat hubungan asosiasi ganda antar persepsi kinestetik dan kelincahan secara bersama - sama dengan hasil ketepatan tembakan bola basket.

Penelitian ini dilakukan pada siswa putera kelas dua Sekolah Menengah Umum Negeri 8 di wilayah Kodya Kediri. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskritif dengan teknik survey, rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional, subyek populasi berjumlah 1l0 orang siswa adapun jumlah subyek penelitian berjumlah 90 orang siswa.

Tes yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari Shuffleboard Distance Perception Test untuk memperoleh data persepsi kinestetik, Zig-Zag Run Test untuk memperoleh data kelincahan dan menembak l0 kali untuk memperoleh data hasil ketepatan tembakan bola basket. Kemudian untuk analisis data pertama analisis korelasional sederhana dan kedua analisis korelasi ganda. Sedangkan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan taraf keberartian sebesar α =0,05.

Hasil analisis data; (1) hasil korelasi sederhana antara persepsi kinestetik dengan hasil ketepatan tembakan bola basket diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,75 ; (2) Hasil analisis korelasi sederhana antara kelincahan dengan hasil ketepatan tembakan bola basket diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,34 dan (3) Hasil analisis korelasi ganda antara persepsi kinestetik dan kelincahan secara bersama - sama dengan hasil ketepatan tembakan bola basket diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,78. Hasil uji keberartian koefisien korelasi pertama diperoleh thitung sebesar 10,7 dan ttabel sebesar 1,99, koefisien korelasi kedua diperoleh thitung sebesar 3.41 dan ttabel sebesar 1,99 koefisien korelasi ke tiga diperoleh thitung sebesar 11,9 dan ttabel sebesar 1,99 (dengan taraf keberartian sebesar α= 0,05).

 

Kata Kunci            : Kontribusi Persepsi Kinestetik dan Kelincahan Terhadap Hasil Ketepatan Tembakan Bola Basket

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ngadenan, ngadenan _. (2015). KONTRIBUSI PERSEPSI KINESTETIK DAN KELINCAHAN TERIIADAP HASIL TEMBAKAN BOLA BASKET. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/75
Section
Artikel
Bookmark and Share