PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MULTIPURPOSE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I PADA MAHASISWA PEA FKIP UNP KEDIRI

Main Article Content

TJEJEP YUSUF AFANDI

Abstract

Abstrak

Strategi kognitif multipurpose merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran kognitif. Pembelajaran dengan menerapkan strategi kognitif yang dirancang dengan baik yang memenuhi unsur-unsur pembelajaran yang memberikan kesempatan luas kepada mahasiswa untuk mendidik dirinya sendiri, serta didukung oleh faktor internal yaitu motivasi berprestasi, maka perolehan hasil belajarnya akan meningkat.

Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: 1. Apakah penerapan strategi kognitif multipurpose, metode rehearsal, imagery dan mnemonics memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar mahasiswa?. 2.Apakah motivasi berprestasi tinggi dengan rendah berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar mahasiswa?. 3. Adakah pengaruh interaktif penerapan strategi kognitif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa?.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen model post design only. Variabel bebas yang diteliti adalah penerapan strategi kognitif multipurpose yang terdiri atas 3 metode yaitu rehearsal, mnemonic dan imagery. Variabel terikatnya adalah hasil belajar mahasiswa dan variabel moderatornya adalah motivasi berprestasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah I. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah questioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar, sedangkan analisis datanya menggunakan anava 2-jalur.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa antara yang menerapkan strategi kognitif multipurpose: rehearsal, imagery dan mnemonics. Metode rehearsal terbukti yang paling baik dibandingkan metode imagery dan mnemonics. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa antara yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan rendah. Mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi terbukti memperoleh hasil belajar lebih baik. 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan strategi kognitif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: strategi kognitif, multipurpose, motivasi berprestasi, hasil belajar, akuntansi kaungan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
AFANDI, T. Y. (2014). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MULTIPURPOSE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I PADA MAHASISWA PEA FKIP UNP KEDIRI. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/51
Section
Artikel
Bookmark and Share