Penambahan Unsur Hara Makro Dan Mikro Pada Media Pembesaran (Kolam) Terhadap Penambahan Berat Lele Dumbo (Clarias Gariepinus).

Main Article Content

Nur Solikin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan manakah yang paling baik yaitu perlakuan antara (P0) control, (P1) pupuk organik (300 gram), (P2) campuran (organik 300 gram dan anorganik 25 gram) dan (P3) pupuk anorganik (25 gram) yang dapat memberikan konstribusi pada berat badan paling tinggi pada lele.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen, hasil data yang diperoleh ditabulasikan dan dianalisis dengan menggunakan Uji F Rancangan Acak Kelompok. Dari analisis data yang diperoleh sebagai berikut : F hitung 5,4085 > F tabel 3,06 ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pupuk organik dan anorganik pada media pembesaran pada penambahan berat lele dumbo (Clarias gariepinus).

Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penambahan berat lele paling tinggi pada perlakuan kolam yang hanya diberi penambahan pupuk organik dan hasil pengamatan mikroskopis kolam dengan perlakuan pupuk organik mempunyai lebih banyak jenis planktonnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Solikin, N. (2014). Penambahan Unsur Hara Makro Dan Mikro Pada Media Pembesaran (Kolam) Terhadap Penambahan Berat Lele Dumbo (Clarias Gariepinus). Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/19
Section
Artikel
Bookmark and Share