PENGARUH AKTIFITAS PACARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK PEMUDA PAPAR

Main Article Content

Alik Bima Afriansyah Khususiyah Khususiyah Yuanita Dwi Krisphianti

Abstract

ABSTRACT
This study is based on the observation and experience of the researcher, that courtship is used to motivate themselves, students who have positive perception of courtship will be motivated to compete with each other to be able to achieve optimal learning achievement. Conversely with students who have less courageous activity will have limitations in achieving learning achievement. This research uses a quantitative approach with associative causal techniques. The process of data analysis using the help of SPSS 23.00 for windows program using product moment correlation test. The sample of this research are 30 students taken by using simple random sampling. Data collection using questionnaire activity dating activity and questionnaire motivation to learn. The result of data analysis using product moment correlation test showed the influence of dating activity on learning motivation to get value r_hitung 0,415> r_tabel 0,361 with 5% significance level. So it can be concluded that Ha sounded no influence of courtship activity on learning motivation in grade XI students at SMAN PEMUDA PAPAR academic year 2016/2017. Based on the results of research conducted researcher suggestions that need dikemukanan is as one of the materials to improve student learning motivation with the help of a boyfriend or friend.
 
Key words: Activity courtship, motivation to learn.
 
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pacaran digunakan untuk memotivasi dirinya, siswa yang memiliki persepsi mengenai pacaran yang positif akan termotivasi saling bersaing untuk mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya dengan siswa yang mempunyai aktifitas pacaran yang kurang baik akan memiliki keterbatasan dalam mencapai prestasi belajar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausal assosiatif. Proses analisis datanya menggunakan bantuan program SPSS 23.00 for windows dengan menggunakan uji korelasi product moment. Sampel penelitian ini sejumlah 30 siswa yang di ambil dengan menggunakan simple random sampling. Pengambilan datanya menggunakan intrument angket aktifitas pacaran dan angket motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan pengaruh aktifitas pacaran terhadap motivasi belajar memperoleh nilai  0,415  0,361 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha berbunyi ada pengaruh aktifitas pacaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK PEMUDA PAPAR tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti saran yang perlu dikemukanan adalah sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan bantuan pacar atau teman.
 
Kata kunci: Aktifitas pacaran, motivasi belajar.

Article Details

How to Cite
AFRIANSYAH, Alik Bima; KHUSUSIYAH, Khususiyah; KRISPHIANTI, Yuanita Dwi. PENGARUH AKTIFITAS PACARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK PEMUDA PAPAR. NUSANTARA of RESEARCH, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 29-32, apr. 2018. ISSN 2355-7249. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/12090>. Date accessed: 17 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12090.
Section
Artikel