SUMBANGAN KOORDINASI MATA-KAKI, KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DINAMIS DAN FLEKSIBILITAS TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA

  • Andika Priya Pratama Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Pembinaan dan pelatihan teknik dasar bermain sepakbola merupakan salah satu faktor penting agar pemain sepakbola memiliki keterampilan bermain sepakbola. Karena penampilan seorang pemain sepakbola atau kualitas sebuah tim sepakbola dapat dipengaruhi oleh tingkat penguasaan keterampilan bermain sepakbola para pemainnya. Kondisi fisik merupakan unsur pendukung yang penting untuk menunjang penguasaan keterampilan teknik. Kondisi fisik akan mempengaruhi penguasaan keterampilan yang ditunjang dengan latihan keterampilan menggiring bola. Komponen kondisi fisik yang dimiliki pemain sepakbola adalah : speed, Strenght, Endurance, Flexibility, Accuration, Power, Coordination, Reaction, Balance, Agility. Dalam kemampuan menggiring bola (dribbling), komponen fisik yang menunjang yaitu koordinasi mata-kaki, kelincahan, keseimbangan dinamis dan fleksibilitas togok.
Published
2017-06-06
How to Cite
PRATAMA, Andika Priya. SUMBANGAN KOORDINASI MATA-KAKI, KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DINAMIS DAN FLEKSIBILITAS TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA. EFEKTOR (E), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 18-23, june 2017. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/740>. Date accessed: 19 feb. 2018.