PEMAHAMAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO TERHADAP PERAMBATAN PULSA DAN GELOMBANG TALI PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

  • Kartika Kusumaningtyas Universitas Kahuripan Kediri
Abstract views: 765 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 987
Keywords: pemahaman, gelombang mekanik, pulsa dan gelombang tali

Abstract

 

Penelitian ini mengungkapkan tentang pemahaman mahasiswa pada materi fisika yaitu gelombang mekanik tentang perambatan pulsadan gelombang pada tali.  Subjek penelitian terdiri dari 7 mahasiswa tahun pertama teknik elektro, Universitas Kahuripan Kediri, yang mengikuti perkuliahan fisika II. Instrumen penelitian menggunakan soal diagnostik Wave Conceptual Survey (WCS). Instrumen soal pilihan ganda disertai alasan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor pretes dan skor postes dan data kualitatif berupa penjelasan alasan mahasiswa. Dua soal dari WCS untuk mengidentifikasi pemahaman mahasiswa terhadap materi gelombang mekanik dalam menentukan perambatan pulsa dan gelombang tali. Peningkatan pembelajaran menggunakan multirepresentasi ditunjukkan oleh seorang mahasiswa yang bergeser memilih jawaban benar saat postes.

 

Kata Kunci: pemahaman, gelombang mekanik, pulsa dan gelombang tali

References

Ainsworth, S. 1999.The Function of Multiple Representations. Journal of Computers & Education, 33:131-152
Ainsworth, S. 2006. DeFT:A conceptual framework for considering learning with multiplerepresentations. Learning and Instruction, 16 (2006) 183-198.
Hake, R.R. 1998.Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey ofmechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66 (1): 64-74
Heuvelen, A.V & Xueli, Z.2001.Multiple Representation of Work-Energy Procesess.Department ofPhysics, The Ohio State University,Columbus, Ohio 43210.
Hill, M., Sharma, M., O’Byrne, J. & Airey, J. 2014.Developing and Evaluating a Survey forRepresentational Fluency in Science. International Journal of Innovation in Science andMathematics Education, 22(5):22-42
Kryjevskaia, M., Stetzer, M.R. & Heron, P.R.L. 2011.Student Understanding of Student understandingof wave behavior at a boundary: The limiting case of reflection at fixed and free ends.AmericanJournal of Physics, 79 (5): 508-516
Kusumaningtyas, K. 2015.Pembelajaran Multi Representasi Untuk Meningkatkan Pemahaman KonsepPerambatan dan Interferensi Gelombang Mekanik Pada Mahasiswa Pendidikan FisikaUniversitas Negeri Malang. Tesis (Tidak diterbitkan). Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
Morgan, G.A., Leech, N.L., Gloeckner, G.W. & Barrett, K.C. 2004.SPSS for Introductory Statistics Useand Interpretation Second Edition.Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. Mahwah, NewJersy.
Sutopo. 2013. Freshman Undergraduate Student’s Understanding of Some Fundamental Concepts ofWave. 3rd International Conference on Theoretical and Applied Physics 2013 and SimposiumFisika Nasional XXVI
Wittmann, M. C. 1998.Making Sene of How Students Come to an Understanding of Physics: AnExample from Mechanical Waves.Disertation from Department of Physics University ofMaryland, College Park MD 20742-4111.

PlumX Metrics

Published
2016-11-23
How to Cite
Kusumaningtyas, K. (2016). PEMAHAMAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO TERHADAP PERAMBATAN PULSA DAN GELOMBANG TALI PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Efektor, 3(2), 69-74. https://doi.org/10.29407/e.v3i2.495