PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DI SMP KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

  • Ria Mayasari Dosen STKIP PGRI Banjarmasin
Abstract views: 61 , PDF downloads: 79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berdasarkan
Masalah (PBM) pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar kognitif biologi di SMP
Kecamatan Banjarmasin Utara. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen
semu (quasi eksperiment) “nonequivalent pratest-posttest control group design”. SMP Negeri
27 Banjarmasin Kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan SMP Negeri 35 Banjarmasin Kelas
VIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar kognitif
dalam bentuk tes essay. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis varian (anava) yang
dibantu dengan program SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) berpengaruh terhadap hasil
belajar kognitif siswa di SMP Kecamatan Banjarmasin Utara, hasil ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol 53,20 dan pada kelas eksperimen sebesar 80,09 dan dilihat dari nilai F hitung = 37,924 > F = 0,05 sehingga ada pengaruh penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) terhadap hasil belajar kognitif biologi di SMP Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kata kunci— PBM, Hasil Belajar Kognitif Biologi tabel

PlumX Metrics

Published
2017-10-31
How to Cite
Mayasari, R. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DI SMP KECAMATAN BANJARMASIN UTARA. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 4(2). https://doi.org/10.29407/jbp.v4i2.927