silvia Upaya Peningkatan Keterampilan Inkuiri dan Interaksi Sosial Siswa Kelas X – U IIS 2 MAN Tulungagung 1 melalui Model Group Investigation Dipadu Number Heads Together

  • silvia anggraini

Abstract

Pembelajaran Biologi di kelas X-U IIS 2 MAN Tulungagung 1 lebih berpusat kepada guru yang menyebabkan siswa cenderung pasif, kurang mandiri dalam memahami materi yang diajarkan sehingga keterampilan inkuiri, interaksi sosial rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perpaduan model pembelajaran GI dan NHT dapat meningkatkan keterampilan inkuiri, interaksi sosial, dan motivasi belajar siswa kelas X-U IIS2 MAN Tulungagung 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart dengan subjek penelitian siswa kelas X-U IIS 2 MAN Tulungagung 1 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi inkuiri proses siswa, lembar keterampilan inkuiri produk siswa, angket interaksi sosial siswa serta angket motivasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan model GI yang dipadukan dengan NHT dapat meningkatkan keterampilan inkuiri, interaksi sosial.
Published
2017-04-25
How to Cite
ANGGRAINI, silvia. silvia Upaya Peningkatan Keterampilan Inkuiri dan Interaksi Sosial Siswa Kelas X – U IIS 2 MAN Tulungagung 1 melalui Model Group Investigation Dipadu Number Heads Together. JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/673>. Date accessed: 23 june 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.