Pengaruh Dosis dan Waktu Aplikasi Azolla pinnata terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea (L.) Merr.)

Main Article Content

happy daniarti

Abstract

Pemanfaatan tanaman paku air Azolla pinnata yang memiliki kandungan unsur hara nitrogen cukup tinggi dapat diaplikasikan pada media tanam sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea (L.) Merr.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis dan waktu aplikasi A. pinnata terhadap pertumbuhan kacang tanah serta untuk mengetahui dosis dan waktu aplikasi yang paling efektif. Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan desain Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor perlakuan. Faktor 1, dosis A. pinnata (terdiri dari 4 level: D0 = 0% mmt, D1 = 1% mmt, D2 = 1,5% mmt, D3 = 2% mmt). Faktor 2, waktu aplikasi (terdiri dari 4 level: W1 = 14 hbt, W2 = 7 hbt, W3 = 0 hwt, W4 = 7 hst). Penelitian diulang sebanyak 3 kali di Desa Jabon Utara, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri selama 4 bulan. Parameter pengamatan berupa tinggi tanaman, jumlah daun, dan umur berbunga. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis of variance (ANOVA) menggunakan program STATS 6.2. yang dilanjut dengan uji BNT taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara perlakuan dosis dan waktu aplikasi A. pinnata berpengaruh terhadap jumlah daun dan umur berbunga, sedangkan untuk tinggi tanaman dipengaruhi oleh masing-masing perlakuan dosis dan waktu aplikasi. Pemberian A. pinnata dengan konsentrasi 1,5% mmt pada 14 hbt, dan konsentrasi 2% mmt pada 7 hbt menghasilkan jumlah daun paling banyak. Umur berbunga paling cepat dengan pemberian konsentrasi 1,5% mmt pada 14 hbt. Tinggi tanaman paling tinggi dengan pemberian konsentrasi 1,5% dan 1% mmt, sedangkan pengaplikasiannya pada 14 hbt dan 0 hwt.

Article Details

How to Cite
DANIARTI, happy. Pengaruh Dosis dan Waktu Aplikasi Azolla pinnata terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea (L.) Merr.). JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/671>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel