MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG MATAKULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN II

  • binti Hifdhotun Al Aslahah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran GI berbasis LS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Malang yang menempuh matakuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan II (SPT II). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS).Instrumen yang digunakan meliputi angket pemecahan masalah, lembar observasi pemecahan masalah, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Subyek penelitian adalah mahasiswa tingkat III Offering C S1 Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang yang menempuh matakuliah SPT II sejumlah 29 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t berpasangan serta persentase. Hasil penelitian ada perbedaan antara kecakapan memecahkan masalah pada akhir siklus 1 dan akhir siklus 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif GI dengan peningkatan persentase sebesar 13,70%.  Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran GI meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang dalam matakuliah SPT II.
 
Kata kunci: model pembelajaran GI, lesson study, kemampuan memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-17
How to Cite
AL ASLAHAH, binti Hifdhotun. MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG MATAKULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN II. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), [S.l.], v. 5, n. 1, apr. 2018. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/12039>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jb&p.v5i1.12039.