AKTIFITAS DAYA HAMBAT (ANTI FUNGI) EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH TERHADAP Candida albicans

  • Maroloan Aruan

Abstract

Candida albicans adalah jamur/fungi yang dimorfik yang secara normal terdapat pada saluran pencernaan, saluran pernafasan atas dan mukosa genital mamalia, terutama pada manusia. Dalam penelitian ini dilakukan uji aktifitas dan efektifitas daya hambat (anti fungi) ekstrak daun belimbing wuluh terhadap jamur Candida albicans yang dibandingkan dengan Antibiotik Nystatin sebagai kontrol positif. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2017 di Laboratorium Analis Kesehatan, lantai 2 STIKes Kesosi, Rawa Buaya Jakarta Barat dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design. Area zona bening pada bahan uji diukur dan dibandingkan dengan kontrol +. Data analisis dengan uji ANOVA. Perbedaan rata-rata diameter zona hambat antara berbagai kelompok perlakuan dianalisis secara statistik dengan uji Anova dan didapatkan nilai signifikan sebesar 0.000 (α < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara berbagai konsentrasi ekstrak buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Dengan kata lain hasil ini menunjukkan bahwa ekstrak buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans. Respon hambatan ekstrak daun Belimbing Wuluh terhadap Candida albicans masih tergolong lemah, terlihat dari konsentrasi ekstrak buah belimbing wuluh tertinggi yaitu 30% hanya memiliki zona bening sebesar 14 mm. Berbeda dengan Nystatin dengan konsentrasi terendahnya yaitu 3% memiliki zona bening sebesar 22 mm.
 
Kata Kunci: Candida albicans, Belimbing Wuluh, Daya Hambat
Published
2018-04-17
How to Cite
ARUAN, Maroloan. AKTIFITAS DAYA HAMBAT (ANTI FUNGI) EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH TERHADAP Candida albicans. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), [S.l.], v. 5, n. 1, apr. 2018. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/12035>. Date accessed: 15 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jb&p.v5i1.12035.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.